• Berita Terkini

    Rabu, 15 November 2017

    25 Tokoh Seni Dunia Kunjungi Museum OHD Magelang

    foto : wiwid arif/magelang ekspres
    MAGELANG TENGAH - Museum Oei Hong Djien (OHD) di Jalan Jenggolo, Kota Magelang, Selasa (14/11) mendapat kunjungan spesial. Sebanyak 48 wisatawan mancanegara dari 25 dunia datang ke museum di tengah kota itu. Bukan sekadar wisatawan, ternyata ke-25 orang itu adalah para direktur, pengelola, dan kurator museum di negaranya masing-masing.

    Salah satunya Museum of Modern Art (MoMA) New York City, Amerika Serikat yang diwakili Direktur Program Internasional, Jay A Levenson. Kemudian museum TATE Britanian London yang juga diwakili salah satu direkturnya.

    Tidak kalah spektakuler, Museum of Contemporary Art Sidney, Australia dengan direkturnya Elizabeth Ann Macgregor juga turut menghadiri. Elizabeth sendiri merupakan Presiden CIMAM yang memimpin rombongan ini ke Indonesia, termasuk ke Magelang.

    Selama sekitar satu jam, mereka berkeliling dan melihat aneka koleksi yang ada di museum. Termasuk pameran seni rupa bertajuk “Linkage”, yang masih berlangsung digelar di Museum OHD.

    Pemilik OHD Museum, dr Oei Hong Djien (OHD) mengatakan bahwa menjadi kebanggaan tersendiri tokoh penting di negara lain datang ke Magelang. Apalagi, mereka datang seusai mengikuti konferensi internasional di Singapura, 10-12 November lalu.

    ”Para tamu ini memang merupakan peserta The 2017 Annual Conference of the International Committee for Museums and Collections of Modern Art (CIMAM) di Singapura. Saya pun menjadi peserta konferensi yang baru pertama kali diadakan di Asia Tenggara itu,” ujarnya.

    Ia menjelaskan, CIMAM merupakan konferensi bergengsi bagi para pengelola, direktur, dan kurator museum di dunia. Event itu digelar pertama kali di Denhag Belanda, pada tahun 1962 silam.

    OHD menyebutkan mereka yang datang ke OHD Museum berasal dari Amerika Serikat, Argentina, Belanda, Belgia, Jerman, Inggris, Meksiko, Rusia, Spanyol, Ukraina, dan lainnya.

    ”Mayoritas dari Eropa dan kegiatan CIMAM sendiri paling sering diadakan di Eropa. Kami anggap ini sebuah kehormatan, bagi Indonesia tentunya, dan Magelang pada khususnya karena bisa dikunjungi mereka yang notabenenya adalah orang yang sangat mengapresiasi karya seni dari seluruh penjuru dunia,” tandasnya.

    Oei menilai, tanggapan ke-25 wisatawan mancanegara itu sangat bagus setelah menyaksikan sekitar 50 karya seni rupa yang dipamerkan. Termasuk keberadaan Museum OHD yang concern pada seni rupa baik modern maupun contemporer itu.

    ”Kami anggap kunjungan spesial ini jadi kesempatan kita untuk mempromosikan Indonesia dan Magelang ke dunia. Khususnya wisata museum yang di Magelang terdapat cukup banyak museum dengan beragam koleksi dari seni rupa, kriya, hingga benda-benda bersejarah,” terangnya.

    Ia menambahkan, selain ke OHD Museum, mereka juga mengunjungi Candi Borobudur, Jogja, dan Jakarta. Di Jogja, mereka menikmati event Jogja Biennale XIV tahun 2017. (wid)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top