• Berita Terkini

    Tuesday, October 17, 2017

    Hari ini, Gubernur Dijadwalkan Buka PWD di Petanahan

    Ganjar Pranowo
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) IX Tingkat Jawa Tengah secara resmi bakal dibuka hari ini, Rabu (18/10/2017). Kegiatan yang digelar lima tahun sekali itu rencananya akan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan.


    Ketua Harian Kwarcab Kebumen, Ahmad Ujang Sugiyono, mengatakan perkemahan dengan peserta Pramuka Penegak dan Pandega dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah sesuai jadwal berlangsung mulai tanggal 17 hingga 23 Oktober 2017. "Namun, secara resmi pembukaannya dilakukan Rabu 18 Oktober," kata Ahmad Ujang Sugiyono.

    Ujang menjelaskan peserta PWD tidak mendirikan tenda untuk berkemah. Namun mereka akan menginap di rumah-rumah penduduk atau home stay. Panitia bekerja sama dengan masyarakat Desa Karanggadung telah menyiapkan 180 homestay untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut.

    Sekretaris KWarcab Kebumen, Edy Sukamsi, menambahkan kegiatan yang diselenggarakan dalam PWD terdiri dari 75 persen kegiatan bakti kemasyarakatan dan 25 persen kepramukaan.

    Peserta PWD juga memiliki jadwal padat yang telah disusun oleh panitia. Mulai dari kegiatan fisik seperti bedah Rumah Tidal Layak Hunui(RTLH), pembangunan sanitasi dan jambanisasi, pembuatan fasilitas desa ramah anak, perbaikan tempat ibadah dan bersih desa.

    Sedangkan kegiatan non fisik antara lain aksi perlindungan anak dan perlindungan gender, fund raising, posyandu lansia, penanaman pohon dan jika aku menjadi.

    Peserta PWD juga akan mengikuti kegiatan yang sifatnya ketrampilan dan wawasan. Diantaranya pembuatan makanan khas Kebumen, pembuatan kerajinan khas Kebumen, belajar tari khas Kebumen, pelatihan penggunaan radio lokal, jurnalistik, pramuka masa kini, entrepreneurship, we are volunteer dan konvensi hak anak.

    Pembukaan PW ini akan dilakukan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Sesuai jadwal pembukaan tersebut juga akan dihadiri oleh 35 bupati/walikota se -Jawa Tengah.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top