• Berita Terkini

    Sunday, October 15, 2017

    78 Anggota Panwascam Kebumen Dilantik

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Panwas Kabupaten Kebumen melantik 78 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam)  di Hotel Candisari Karanganyar, Sabtu (14/10/2017).
    Mereka yang dilantik nantinya akan ditugaskan untuk mengawasi proses Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018, Pemilu Legislatif, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

    Anggota Panwascam dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Panwas Kabupaten Kebumen, Maesaroh. Pelantikan tersebut dihadiri oleh Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, Wakapolres Kompol Cristian Aer, Ketua KPU Kabupaten Kebumen Paulus Widyantoro, Asisten I Sekda Kebumen, Sabar Irianto, serta sejumlah pejabat lainnya.

    Maesaroh, mengatakan anggota Panwascam yang baru dilantik itu merupakan hasil seleksi dari 311 orang yang mendaftar sejak 6 September lalu.
    Dari jumlah itu, terdiri dari 66 laki-laki dan 12 Panwascam perempuan, dengan masing-masing kecamatan sebanyak tiga anggota Panwascam. "Mereka bertugas selama sembilan sejak dilantik," kata Maesaroh, usai acara pelantikan.

    Maesaroh menambahkan, usai pelantikan, 78 Panwascam langsung mengikuti pembekalan. Mereka juga langsung memilih ketua untuk masing-masing kecamatan. "Kita harap para anggota Panwascam akan bertugas dengan lancar, taat azas, bermaratabat, sukes dan tanpa ekses," tegasnya.

    Dalam sambutannya, Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, menyampaikan pemilu yang demokratis mengharuskan adanya lembaga pengawasan yang independen dan otonom. Panwas tak hanya bertanggungjawab terhadap pembentukan pemerintahan yang demokratis. Tetapi juga ikut andil dalam membuat rakyat memilih kandidat kepala daerah yang terbaik.

    Panwas merupakan pilar inti dalam penyelenggaraan pilkada, karena pilkada yang jujur, adil dan demokratis sangat tergantung pada sejauh mana panwas bekerja dengan baik dan menjamin pilkada berlangsung secara demokrasi.

    "Saya berpesan kepada semua anggota panwas agar dapat bersikap, berbuat profesional dan netral. Sehingga pemilu dapat terlaksana dengan aman, lancar dan demokratis" kata bupati.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top