• Berita Terkini

    Thursday, July 6, 2017

    Hari Terakhir PPDB Offline Diserbu Pendaftar

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hari terakhir Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN, Kamis (6/7/2017) sejumlah sekolah yang menyelenggarakan PPDB offline diserbu pendaftar. Diantaranya SMPN Pejagoan dan SMPN Sruweng. Hal itu lantaran mereka tidak lolos pada seleksi PPDB online.

    Pantauan di lapangan di SMPN 1 Pejagoan, sejak pagi puluhan calon peserta didik berjubel mendaftarkan diri. Beberapa orang tua juga turut serta mendaftarkan anaknya.

    "Tadinya daftar di SMP 7, tapi disana nggak masuk," kata Hamidah (37), warga Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen, yang mengantarkan anaknya di SMPN Pejagoan.

    Sementara itu, di sejumlah sekolah yang menyelenggarakan PPDB online diramaikan dengan pencabutan berkas calon peserta didik. Mereka mencabut berkas karena tidak lolos seleksi.

    Seperti di SMPN 7 Kebumen, sedikitnya 150 calon peserta didik mencabut berkas pendaftaran dari sekolah ini. Di sekolah yang berada di Jalan Mayjen Sutoyo ini, terdapat 555 pendaftar, terdiri dari 127 pendaftar menjadikannya sebagai pilihan utama. Sedangkan 428 lainnya menjadikannya sebagai pilihan alternatif.

    Sekretaris Panitia PPDB SMPN 7 Kebumen, Ngabdan, mengatakan di SMPN 7 daya tampung siswa sebanyak 288 siswa. Sedangkan pendaftarnya jauh lebih banyak dari kuota yang ditentukan. "Akhirnya banyak yang tidak tertampung, mereka memilih mencabut berkas untuk mendaftar di sekolah yang offline," ujar Ngabdan.

    Hal yang sama juga terjadi di SMPN 3 Kebumen, di sekolah ini puluhan pendaftar menarik berkasnya kembali untuk dipindahkan ke sekolah lain.

    Ketua Panitia PPDB SMPN 3 Kebumen, H Munfarid SPd MM, mengatakan jumlah pendaftar yang sudah melakukan verifikasi di sekolahan ini sebanyak 334 orang. Sedangkan daya tampungnya hanya 256 peserta didik.

    "Kalau secara kuota disini berlebih. Tapi kita tunggu sampai jam 12 siang. Kalau ada nilainya yg lebih tinggi kemungkinan masih bisa diterima," ungkapnya.

    Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Agus Sunaryo, menjelaskan pada tahun ini PPDB online pertama kali diterapkan di Kebumen. Sebanyak 12 sekolah menjadi pilot project sebelum tahun depan diterapkan di seluruh SMPN di Kabupaten Kebumen.

    PPDB online sudah dimulai 1-6 Juli 2017. Sedangkan Untuk pendaftaran offline untuk SMPN dilakukan mulai 3-6 Juli.

    Adapun 12 sekolah yang sudah menyelenggarakan PPDB Online, yaitu SMPN 1 Gombong dengan daya tampung 160 siswa. Kemudian, SMPN 1 Kebumen (270 siswa),  SMPN 1 Sempor (256 siswa), SMPN2 Gombong (160 siswa), SMPN 2 Kebumen (256 siswa), SMPN 3 Kebumen (256 siswa).

    Selanjutnya, SMPN 4 Gombong (256 siswa), SMPN 4 Kebumen (256 siswa), SMPN 5 Kebumen (192 siswa), SMPN 6 Kebumen (256 siswa),  SMPN 7 Kebumen (288) dan SMPN 3 Gombong (224 siswa).(ori

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top