• Berita Terkini

    Wednesday, May 3, 2017

    Saluran Irigasi Waduk Sempor Jebol, Ribuan Hektare Terancam

    BPBD Kebumen for ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Setelah sebelumnya saluran irigasi Waduk Wadaslintang jebol, kini giliran Waduk Sempor bernasib sama. Saluran irigasi Sempor jebol pada Selasa (2/5/2017) persisnya di  RT 02 RW 05 Dukuh Rowokawuk Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar.

    Jebolnya saluran irigasi waduk Sempor dibenarkan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Drs Muhyidin. BPBD, kata Muhyidin sudah mengirimkan dua pertugas ke lokasi.

    "Saluran irigasi waduk Sempor dilaporkan jebol sekitar pukul 10.30 WIB kemarin," kata Muhyidin, Rabu (3/5/2017).

    Dari informasi yang diterimanya, menurut Muhyidin, sudah ada tanda-tanda tanggul berlubang. Hingga kemudian, pada Selasa siang kemarin, saluran tak dapat lagi menahan air waduk Sempor. "Sebelumnya tanggul sudah akan diperbaiki, namun keburu jebol," imbuhnya.

    Untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan, Dinas terkait telah menutup saluran irigasi tersebut. Sebagai dampaknya, areal sawah yang seharusnya mendapat pengairan terpaksa tak mendapat pasokan air. Sebagai akibatnya, masa tanam terganggu.

    "Masa tanam persawahan pada aliran irigasi tersebut masing-masing saluran Sindut dan kabupaten 874 hektar, sementara Kejawang 480 hektar," kata Muhyidin

    Sebelumnya, banjir bandang tiba-tiba melanda  RT 5 RW 3 Dukuh Sidodadi Desa Bojongsari Kecamatan Alian, menyusul jebolnya tanggul saluran Induk Wadaslintang Barat, Senin (17/4/2017) pagi.

      Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. Banjir tiban itu juga membuat sejumlah warga lain kehilangan barang-barang seperti sepeda motor, serta kehilangan kandang ternak serta warung bahkan kolam ikan. Mereka yang terdampak bencana terpaksa mengungsi sementara
    .(cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top