• Berita Terkini

    Friday, April 28, 2017

    Baru Dua Sekolah SLTP di Kebumen Mampu Selenggarakan UNBK

    ILUSTRASI
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 27 SMP di kabupaten berselogan beriman ini harus numpang pada pelaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017.Pasalnya dari 29 SMP/MTs yang mengikuti UNBK, baru dua sekolah yang melaksanakan di sekolahnya yakni SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3 Kebumen.

    Adapun pelaksanaan UNBK diikuti oleh 6.464 siswa yang terdiri dari 24 SMP dan 5 MTs. Sedangkan sekolah yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) yakni 86 SMP dan 82 MTS dengan total siswa mencapai 16.340 orang. Ujian Nasional dilaksanakan selama empat hari yakni tanggal 2,3,4 dan 8 Mei 2017.

    Kini berbagai persiapan untuk pelaksanaan UNBK maupun  UNKP tengah dilakukan baik itu oleh pihak sekolah, Dinas Pendidikan (Disdik Kebumen) maupun para siswa. “Saat ini baru dua sekolahan yang mampu melaksanakan UNKP di sekolahnya sendiri yakni SMPN 1 dan SMPN 3 Kebumen,” tutur Kepala Disdik Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono SH, Jumat (27/4/2017).

    Adapun yang menjadi salah satu kendala sekolah belum mampu melaksanakan UNKP yakni keterbatasan sarana dan prasarana komputer. Jauhnya jarak untuk menumpang pada SMK/SMA juga  masih menjadi pertimbangan besar bagi pihak sekolah untuk melaksanakan UNBK. “Selain itu tidak kalah pentingnya yakni persiapan mental para siswa untuk melaksanakan UNBK. Hal itulah yang membuat beberapa sekolah masih memilih untuk melaksanakan UNKP,” terangnya.

    Pihaknya juga berharap baik UNKP maupun UNBK tingkat SMP dan MTS dapat terselenggara dengan baik di Kabupaten Kebumen. Semua dapat berjalan dengan lancar, aman tanpa ada kendala suatu apapun.

    Untuk itu Disdik Kebumen telah melakukan pelatihan kepada pengawas ruangan, teknisi komputer, dan prokpor (teknisi dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer) untuk menukseskan UNBK. "Kami sudah meminta PLN untuk tidak melakukan pemadaman listrik. Selain itu masing-masing sekolah juga diminta menyiapkan genset sebagai antisipasi listrik padam,"paparnya.

    Ujang menambahkan Jumat (28/4) sore, tim penjemput naskah meluncur ke gudang Semarang untuk mengambil naskah soal ujian. Rencananya Jumat malam pukul 24.00 WIB tim akan pulang ke Kebumen dan menuju SMA Negeri 2 Kebumen. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top