• Berita Terkini

    Friday, April 28, 2017

    Besok, Lakon "Kolopaking Wisuda" Dipentaskan di Taman Mini

    ILUSTRASI
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Tim Duta Seni Kabupaten Kebumen, akan pentas di anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Minggu (30/4/2017) besok. Tahun ini, tim duta seni Kebumen akan menampilkan dramatari dengan lakon Kolopaking Wisudo.

    Kepala Seksi Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Ismaun, mengatakan dramatari Kolopaking Wisudo, bercerita tentang sejarah Kebumen. Yakni prosesi pengangkatan Tumenggung Kolopaking menjadi Bupati Kebumen. "Pementasan tahun ini bertindak sebagai dalang Bambang Eko Susilohadi, seniman kawakan Kebumen," kata Ismaun.

    Pementasan tersebut, kata dia, untuk nguri-uri kebudayaan jawa, juga untuk mengenalkan sejarah Kebumen yang selama ini masih banyak orang mengetahuinya. Juga untuk mengembangkan dan memperkenalkan kesenian yang ada di Kabupaten Kebumen. Selain itu pentas ini merupakan media bagi para seniman untuk menampilkan kreativitasnya. Untuk mematangkan pementasan itu, pihaknya telah berkali-kali menggelar latihan di Aulan Dinas Pendidikan. "Kita juga sudah melakukan gladi resik," ucapnya.

    Selain menampilkan pergelaran tari, juga akan dipamerkan potensi produk unggulan Kebumen untuk dipromosikan berupa Leaflet Pariwisata, Makanan Khas Kebumen dan Batik Kebumen yang terkenal indahnya. Adapun kuliner khas Kebumen yang bakal dipamerkan, diantaranya sate ambal, lanting, gula jawa, hingga cingcau.

    Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad dan Ketua DPRD Cipto Waluyo dijadwalkan akan langsung menyaksikan pagelaran itu. Disamping warga Kebumen, yang berada di perantauan, seperti Ikatan Warga Asal Kabupaten Kebumen (IWAKK) Walet Emas, Ikatan Kanca Lawas Gombong (IKLG), Paguyuban Pendengar Radio Kebumen-Banyumas, serta warga Kebumen yang tinggal di sekitar Jabodetabek.

    Ia menambahkan, pada tahun-tahun sebelumnya pentas duta seni Kabupaten Kebumen di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) selalu dibanjiri ribuan pengunjung. Dia pun berharap pentas tahun ini lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi kesempatan tersebut juga selalu dinanti-nantikan sebagai ajang silaturahmi masyarakat Kebumen dengan para perantauan di Jakarta. "Mudah-mudahan lebih ramai," pungkasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top