• Berita Terkini

    Tuesday, March 14, 2017

    Kunjungan Industri, 1.050 SMK Maarif 1 Kebumen Dikirim ke Jakarta

    imam/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sebanyak 1.050 siswa SMK Maarif 1 Kebumen mengikuti kegiatan kunjungan industri yang dilaksanakan untuk mengunjungi 10 perusahaan. Pelepasan kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari tersebut dilaksanakan oleh Bupati Kebumen Ir H Mohammad Yahya Fuad SE, Selasa (13/3/2017) di Alun-alun Kebumen.

    Kunjungan Industri tahun 2017 ini dilaksanakan dengan menggunakan 22 bus.  Dalam kegiatan tersebut, pihak SMK Maarif 1 Kebumen juga menggandeng Biro Pariwisata dan Tour Royal Pejagoan. Hadir pula pada kegiatan pelepasan tersebut, Ketua Lembaga Pendidikan (LP Maarif) Kebumen Dr Imam Satibi SAg MPdI, Kepala Dinas Pendidikan Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono SH dan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga dan Pariwisata (Disporapari) H Azam Fatoni SH MSI.

    Kepala SMK Maarif 1 Kebumen Drs H Khomsin MPd menyampaikan, program Kunjungan Industri merupakan Program SMK Ma’arif 1 Kebumen yang dilaksanakan setiap tahunnya, khusus untuk kelas XI Semua Paket Keahlian.  Program ini sangat penting sebab siswa perlu menambah wawasan dunia luar khususnya di sebuah perusahaan yang sesuai dengan Paket Keahlian masing-masing. “Kompetensi yang sudah didapatkan di sekolah masih perlu dipadukan dengan ilmu yang ada di sebuah perusahaan yang bertujuan untuk melengkapi kompetensi  atau skill siswa,” tuturnya.

    Dijelaskannya, program Kunjungan Industri, sebagai salah satu bentuk kerja sama SMK Ma’arif 1 Kebumen dengan pihak Perusahaan/Instansi. Ini sangat penting mengingat pendidikan ditingkat SMK harus berkesinambungan dengan kebutuhan Dunia Industri. “Selama ini, Dunia Industri menjadi daya tampung terbesar atau pemakai tenaga kerja lulusan dari SMK salah satunya dari SMK Ma’arif 1 Kebumen,” paparnya.

    Kegiatan Kunjungan Industri, lanjut Khomsin, dilaksanakan selama empat hari yakni 13 s/d 16 Maret 2017 dengan tujuan 10 Perusahaan ternama yang ada di Jadebotabek. Adapun  perusahaan tersebut yakni PT Krama Yuda, Komatszu, RPA, Hiba Utama, Morita, Komatzu Reman, Padma Soode, YKK, Hotel Puri KIIC Golf, Indo Cine Club. “Selain itu kunjungan juga akan dilaksanakan pada empat  stasiun televisi meliputi ANTV, TRANS 7, NET TV dan Tran7,” katanya.

    Dalam sambutannya, Bupati Kebumen Ir H Mohammad Yahya Fuad SE berharap kegiatan Kunjungan Industri dapat bermanfaat dan memberi hal positif bagi para siswa. Pihaknya juga berpesan agar para siswa selalu menjaga nama baik Kabupaten Kebumen. “Ini akan menambah wawasan siswa. Sehingga siswa tidak hanya praktik di sekolah saja,” terangnya.

    Hal senada juga disampaikan oleh Ketua LP Maarif Kebumen Dr Imam Satibi SAg MPdI. Menurutnya, untuk menambah wawasan maka para siswa harus mengunjungi dan melihat secara langsung dunia kerja atau industri. “Setelah para siswa lulus, nantinya juga akan memasuki dunia kerja, maka dari itu pengalaman ini sangat pentin,” jelasnya.

    Sementara itu, Waka Humas Hubind dan Ketua Kunjungan Industri SMK Ma’arif 1 Kebumen Subkhan, S SosI M Pd berharap setelah melaksanakan Kunjungan Industri para siswa akan memperoleh pengalaman yang baru. Selain menambah ilmu disisi lain, kegiatan ini juga akan lebih memotivasi para siswa. Pasalnya tidak menutup kemungkinan setelah lulus nantinya mereka juga masuk dunia kerja / perusahaan. “Dengan semboyan SMK BISA, pihak SMK Ma’arif 1 Kebumen selalu berupaya mengedepankan program-program yang memperuntukan kemajuan sekolah,” ucapya, sembari mengucapkan terima kasih kepada sumua pihak yang telah membantu. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top