• Berita Terkini

    Tuesday, March 28, 2017

    Keberadaan LPTQ Dinilai Masih Sangat Strategis

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemkab Kebumen menggelar sosialisasi pengembangan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kebumen. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Jatijajar Kompel Pendopo Bupati Kebumen, Senin (27/3/2017).

    Hadir pada cara tersebut PLH Sekda Mahmud Fauzi, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kebumen Wahib Tamam, serta pengurus LPTQ di Kabupaten Kebumen.

    Dalam sambutannya, Mahmud Fauzi, menyampaikan keberadaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) dinilai cukup strategis dalam pengembangan tilawatil quran di Kabupaten Kebumen. "LPTQ kita harapkan bersama agar di Kebumen pengelolaannya menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," kata Mahmud Fauzi.

    Hal ini, kata dia, tentu tidak berlebihan karene Pemkab Kebumen tengah berupaya mewujudkan salah satu visi Bupati dan Wakil Bupati. Yakni mengembangkan kehidupan masyarakat yang agamis. Untuk itu, perlu dilakukan berbagai progam pembangunan yang mengarah pada tercapainya tujuan tersebut.

    "Apalagi mayoritas masyarakat Kabupaten Kebumen beragama Islam, sehingga pendalaman terhadap alquran perlu dilakukan. Salah satunya dengan pendalaman  melalui tilawatil quran," ujarnya.

    Menurutnya, upaya mengenalkan tilawatil quran kepada masyarakat Kabupaten Kebumen perlu dilakukan untuk mewujudkan masyarakat yang agamis. Upaya tersebut perlu dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan pada seluruh tingkatan masyarakat.

    "Dalam tingkatan usia dini pendekatan dilakukan melalui TPQ–TPQ, Raudhatul Athfal, Madrasah Diniyah maupun Surau–surau di masyarakat. Dalam tingkatan selanjutnya dapat dilaksanakan dalam majelis taklim maupun forum forum mushabaqah yang ada," imbuhnya.

    Kepala Bagian Kesra Setda Kebumen, Wahib Tamam, menambahkan kegiatan sosialisasi tersebut untuk membentuk pengurus LPTQ Kabupaten Kebumen periode 2017-2022. Selain itu juga untuk menyusun program LPTQ untuk lima tahun ke depan. "Ini juga sekaligus untuk mempersiapkan lomba MTQ," tandasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top