• Berita Terkini

    Monday, March 20, 2017

    Di Purworejo, Longsor Durensari Tutup Akses Jalan Kabupaten

    PURWOREJO- Hujan deras yang mengguyur wilayah Purworejo tidak hanya menyebabkan tanah longsor di Desa Durensari Kecamatan Bagelen. Tingginya intensitas hujan, membuat tanah tidak mampu menahan debit air yang melimpah. Longsoran tanah menutup akses jalan kabupaten menuju Desa Durensari, Kecamatan Bagelen. Setidaknya ada 3 titik longsoran sepanjang ruas jalan tersebut.

    "Di Durensari ada dua titik, satu lagi di Semono Kecamatan Bagelen. Semua menutup jalan," kata Pujiyanto, warga Desa Durensari, kemarin.

    Menurut Puji, longsoran terjadi pada Sabtu sekitar pukul 19.00 WIB, dimana tanah dari tebing menutup akses jalan utama dari Desa Semagung menuju Desa Durensari. Adanya longsoran itu menjadikan sebagian warga Durensari tidak bisa menggunakan kendaraan roda empat jika hendak ke Purworejo Kota.

    "Satu-satunya jalan ya lewat Kokap Kulonprogo, karena jalan lewat Hargorojo juga tidak bisa dilalui mobil karena longsoran beberapa waktu lalu," imbuh Puji.

    Proses pembukaan jalan hanya melibatkan warga dan memakan waktu hingga tengah hari karena hanya menggunakan tenaga manual. Lambannya penanganan juga disebabkan material tanah longsor yang turut menggerus rumpun bambu  berukuran cukup besar. "Alhamdulillah sudah bisa dibuka jalannya," ucapnya.

    Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Meski demikian, warga tetap waspada mengantisipasi tingginya curah hujan bakal kembali mengguyur. Dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan mengingat tanah di kawasan tersebut terbilang cukup labil. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top