• Berita Terkini

    Thursday, February 2, 2017

    Ultah GOW Dirayakan Sederhana

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Peringatan HUT ke-57 Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dapat menjadi momentum kebangkitan perempuan di Kabupaten Kebumen.
    Dengan demikian, GOW dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh anggotanya. Hal tersebut dikatakan Pejabat Pelaksana Harian (PLH) Sekda Mahmud Fauzi, pada resepsi HUT GOW Kabupaten Kebumen ke-57 di Pendopo Bupati, Rabu (1/2/2017).

    "Ini penting, sebagaimana manusia, sebaik-baik manusia adalah yang  bermanfaat bagi banyak manusia. Begitu pun dengan organisasi, organisasi yang baik adalah organisasi yang dirasakan manfaatnya oleh anggotanya," kata Mahmud Fauzi, saat menyampaikan sambutannya.

    Namun, kata Fauzi, lebih baik lagi bila dirasakan pula oleh masyarakat. Misalnya dalam hal mengentaskan kemiskinan, membuka peluang kerja atau usaha dan membantu pendidikan.     Dengan demikian, kanjut dia, masyarakat, khususnya kaum wanita dapat semain berdaya dan bergerak untuk mendukung pembangunan, memajukan serta mensejahterakan daerah.

    Menurutnya, GOW merupakan wadah organisasi wanita yang memiliki peranan penting. Selain menguatkan gerak langkah seluruh organisasi wanita di Kabupaten Kebumen, juga menjadi media untuk menjalin kerjasama antara organisasi wanita dengan pemerintah dan masyarakat.

    Berbagai upaya telah dilakukan GOW, antara lain bertujuan untuk lebih memberdayakan kaum perempuan menuju kesetaraan gender, yang muaranya pada peningkatan kesejahteraan keluarga. "Saya berharap, ke depan, peran tersebut dapat semakin ditingkatkan. Sehingga kesejahteraan keluarga pun semakin meningkat pula," ujarnya.

    Lebih jauh, GOW merupakan salah satu mitra dari pemerintah. Karenanya GOW dan pemerintah daerah harus bersinergi. Banyak hal yang dapat  dilakukan GOW guna berperan aktif dalam pemberdayaan perempuan yang berkualitas. Khususnya melalui program kerja yang terarah dan meningkat setiap waktu.

    Di antaranya adalah kaderisasi di organisasi, pendidikan, dan iptek, pembinaan mental dan budaya, sosial, kesehatan, dan lingkungan. Juga hubungan masyarakat, hukum dan politik, bidang ekonomi dan koperasi, serta bidang tenaga kerja.

    "Semua itu hendaknya dilaksanakan sesuai dengan bidang-bidang yang ada di GOW dan selanjutnya diterapkan ke masyarakat," imbuhnya.

    Dengan demikian, kata dia, pemberdayaan perempuan dapat lebih diintensifkan.  Antara lain melalui penanaman nilai-nilai bagi keluarga dan lingkungan masyarakat tentang peran, keterlibatan dan kepemimpinan perempuan. "Termasuk juga dengan terus mendorong potensi perempuan untuk berani mengisi jabatan dan posisi strategis dalam lembaga publik," tandasnya.

    Hadir pada acara tesebut, PLH Sekda Mahmud Fauzi, Ketua Umum GOW Kabupaten Kebumen Ny Dede Siswoyo, serta ratusan anggotanya.

    Ny Dede Siswoyo, mengatakan GOW Kabupaten Kebumen akan terus meningkatkan perannya di masyarakat. Pengembangan ketrampilan bagi anggotanya juga terus ditingkatkan.

    Sementara itu, resepsi peringatan HUT GOW ke-57 tingkat Kabupaten Kebumen digelar secara sederhana. Puncak acara ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh PLH Sekda dan diserahkan kepad Ketua Umum GOW Kabupaten Kebumen.

    Sebelum puncak acara digelar ditempat yang sama digelar lomba menghias kue. Puluhan peserta perwakilan organisasi wanita yang tergabung dengan GOW turut serta meramaikan lomba tersebut. (ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top