• Berita Terkini

    Thursday, January 26, 2017

    Komunitas Pecinta Burung Kicau Gelar Latber

    imam/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Komunitas penggemar burung kicau menggelar  latihan dan lomba burung  di arena Sokka Vaganza. Tepatnya di sebelah timur pertigaan Sokka Senin (23/1/2017). Selain sebagai ajang silaturahmi, ajang seperti ini juga dimanfaatkan sebagai media saling berbagi informasi antara anggota.


    Ketua penyelenggara latihan bersama (latber) burung kicau Himawan Sutanto (35) mengatakan, Latber rutin dilaksanakan di arena  ini. Untuk latber siang diberi nama Sokka Vaganza sedangkan untuk latber malam diberi nama Minggu Sokka Enterpras.

    "Acara semacam ini sangat diminati oleh penggemar burung. Pasalnya selain mengetahui kemampuan burung yang dimiliki, mereka berharap harga burung menjadi sangat fantastis," pria yang akrab disapa Gombloh, di sela-sela kegiatan.

    Bos Jangkrik asal Kedawung ini menjelaskan, latihan dan lomba burung pada dasarnya merupakan forum silaturahmi antar sesama penghobi burung berkicau.  Dengan adanya lomba atau latihan bersama maka para peserta akan saling berbagi ilmu cara merawat burung yang baik. “Dengan demikian maka akan tercipta persaudaraan dan kebersamaan antar sesama pencinta burung,” terangnya.

    Dijelaskannya, dengan mengikuti lomba, maka harga burung akan melejit, terlebih bagi burung yang mendapatkan juara.  Bahkan harga burung yang hanya ratusan ribu dapat menjadi puluhan bahkan ratusan juta jika mampu meraih juara saat mengikuti perlombaan. “Saya dulu membeli burung lovebird dengan harga Rp 550 ribu. Karena berhasil menjadi juara, burung tersebut laku terjual Rp 15 juta,” ungkapnya.

    Burung lovebird yang diberi nama Wali Konang itu, lanjutnya, kini telah ditawar Rp 25 juta. Namun oleh pemiliknya yakni Mr Bodem yang merupakan juragan buah di Kecamatan Gombong tersebut belum dilepaskan. Naiknya harga Wali Konang, setelah berhasil menjuarai perlombaan di Kabupaten Banjarnegara. “Bayangkan saya seekor burung yang dibeli dengan harga awal hanya Rp 550 ribu, kini telah ditawar Rp 25 juta. Itu berkat adanya perlombaan burung,” terangnya.

    Gombloh menambahkan, di Sokka Vaganza latihan bersama rutin dilaksanakan pada setiap Hari Senin dan minggu malam. Adapun biaya pendaftaran bervariasi mulai dari Rp 10 ribu, Rp 15 ribu dan Rp 20 ribu. Jenis burung yang dilombakan bermacam-macam seperti Murai Batu, Cucak Hijau, Kacer, Kenari, Plece, Cucak Jenggot, lovebird dan lain sebagainya. “Para pemenang  akan mendapatkan sertifikat, tropy dan uang pembinaan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top