• Berita Terkini

    Monday, December 26, 2016

    Terdampak Mega Proyek Rel Ganda, Tugu Renville Makin Merana

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Tugu Renville yang berada di Kelurahan Panjer Kecamatan Kebumen, acap kali mendapatkan nasib yang kurang baik. Selain kerap menjadi sasaran vandalisme, tugu peringatan sejarah yang berada di Kelurahan Panjer Kecamatan Kebumen itu, kini juga tidak terawat.

    Pantauan Ekspres di lapangan, Senin (26/12) terdapat bagian badan tugu kotor, bangunan di sekitarnya rusak, bahkan bagian tugu  sendiri sudah kini mengalami kerusakan. Terlebih dengan adanya mega proyek  rel ganda. Kerusakan pada salah satu sudut tugu, kemungkinan disebabkan oleh pukulan atau pun terbentur benda keras. Selain itu bagian taman tugu telah musnah terjarah proses pembangunan. Tugu pun tak anggun lagi dan tampak merana.

    Salah satu pemerhati budaya, Fransiskus Widodo sangat menyesalkan dengan adanya fenomena tersebut. Menurutnya seharusnya pemerintah memperhatikan hal tersebut. Tugu Renville merupakan simbol sejarah untuk mengenang para perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan negara ini. “Saya sendiri merasa sangat prihatin saat melihat nasib tugunya,” paparnya.

    Ke depan di seharusnya dilakukan perbaikan pada tugu tersebut. Selain itu sejarah mengenai tugu hendaknya dimasukan dalam kurikulum pada penataran para pemangku jabatan di Kebumen dan anak-anak  sekolah. Pihaknya juga berharap agar generasi muda Kebumen tahu dan menghargai sejarah. “Darah dan nyawa para pejuang, telah mereka korbankan. Dan banggalah menjadi warga Kebumen, sebab Kebumen waktu itu menjadi peranan penting,” terangnya.

    Dengan adanya kebersamaan dan kepedulian baik dari pemerintah maupun masyarakat, lanjut, Fransiskus Widodo, diharapkan situs-situs sejarah mampu untuk dilestarikan. Situs sejarah juga merupakan sebuah warisan bagi para generasi berikutnya. “Jangan lupakan sejarah inilah pesan dari sang proklamator Indonesia Ir Soekarno,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top