• Berita Terkini

    Saturday, November 12, 2016

    Tingkatkan Keamanan, Polsek Kebumen Kunjungi Pos Ronda

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Akhir-akhir ini tindak kejahatan dan pencurian semakin meraja-lela di kabupaten berselogan beriman ini. Masyarakat diharapkan turut serta berperan aktif dalam rangka pengamanan wilayahnya masing-masing, salah satunya dilaksanakan dengan Siskamling.

    Siskamling atau sistem keamanan keliling dinilai sangat efektif untuk menjaga lingkungan dari tindak kejahatan para pihak yang tidak bertanggungjawab. Siskamling juga dapat menjadi ajang efektif untuk menjalin kerukunan antar warga. Masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Kebumen diharapkan  rutin melaksanakan ronda malam di wilayahnya masing-masing.

    Hal ini sampaikan oleh Kapolsek Kebumen AKP Yohanes Hari Pracoyo SH saat mengunjungi Pos Ronda RT 2 RW 2 Kelurahan Tamanwinangun Kecamatan Kebumen, beberapa waktu lalu. Hadir pula dalam kunjungan tersebut, Kaling Kelurahan Tamanwinangun Turmudzi, tokoh masyarakat Is Suroto, Ketua RT 2 RW 2 Suroso dan beberapa masyarakat yang bertugas ronda pada malam tersebut.

    AKP Yohanes Hari Pracoyo SH mengatakan, ronda malam akan terasa berat, jika tidak dilaksanakan dengan niat ibadah dan ikhlas. Namun dengan niat ibadah yakni mengamankan desa maka ronda malam akan terasa ringan. “Saya sangat mengapresiasi kepada masyarakat yang mau menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing,” tegasnya.
    Menjaga keamanan menjadi sangat penting untuk dilaksanakan. Dengan adanya orang yang melaksanakan ronda, maka warga akan merasa aman. Rasa aman akan menimbulkan ketenangan  dan kedamaian. “Hidup yang damai, akan menciptakan iklim kondusif, masyarakat pun akan mudah berkembang,” paparnya, sembari mengatakan, kunjungan ke beberapa pos ronda akan lebih rutin dilaksanakan, agar masyarakat lebih semangat menjalankan ronda.

    Tokoh masyarakat setempat Is Suroto mengatakan dalam saat menjalankan ronda malam, petugas ronda akan keliling kampung sembari mengambil jimpitan. Dalam kurun waktu dua tahun ini jumlah jimpitan di RT 2 RW 2 sudah mencapai sekitar Rp 10 juta. “Uang tersebut digunakan untuk membeli keperluan RT, “ paparnya.
    Sementara itu, Sekretaris RT 2 RW 2 Kelurahan Tamanwinangun mengatakan, warga setempat mengatakan, ronda dilaksanakan dengan cara giliran, setiap warga terutama kepala keluarga mempunyai jatah masing-masing dalam setiap minggunya. “Alhamdulillah selama ini keamanan di RT 2 RW 2 selalu terjaga dengan baik,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top