• Berita Terkini

    Monday, November 14, 2016

    Terancam Longsor, Empat Rumah di Panjer Direlokasi

    istimewa/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hujan yang mengguyur wilayah Kebumen sepanjang hari pada Minggu (13/11/2016) mengancam empat rumah di Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen. Empat rumah yang terletak di RT 01 RW 02 kelurahan setempat itu, nyaris terseret erosi Sungai Lukulo. Beruntung tidak ada korban jiwa pada persitiwa itu.

    Retakan tanah yang terkikis air hujan itu bahkan menyebabkan tebing setinggi 20 meter dan panjang 25 meter longsor. Warga setempat merasakan betul pergerakan tanah di tempat itu. Sebagian warga memilih mengungsi ke rumah tetangganya, tetapi sebagian lagi memilih tetap bertahan meski ancaman longsor mengintai.

    Menurut warga setempat, gejala pergerakan tanah tersebut sebetulnya sudah dirasakan setiap hujan deras turun. Namun, kejadiannya baru terjadi Minggu kemarin. Karena itu, sejumlah warga pun mulai dievakuasi mengingat kondisi cuaca di Kebumen yang masih belum menentu. Warga yang tetap bertahan di tempat itu mengaku was-was jika hujan turun, terutama pada malam hari.

    Warga mengaku selalu tidak tenang tinggal ditempat itu. Tetapi mereka tidak punya pilihan lain karena mereka tak memiliki rumah maupun tanah di tempat lain.

    Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, langsung memantau lokasi bencana tersebut, Senin (14/11) sore. Melihat kondisi yang sangat membahayakan, bupati meminta warga yang terancam untuk direlokasi ke tempat yang lebih aman.

    Bupati yang didampingi Wakil Ketua DPRD Miftahul Ulum, mengatakan empat keluarga yang rumahnya terancam ambruk itu harus secepatnya direlokasi. Pasalnya, jika dibiarkan lama akan sangat membahayakan penghuninya.

    Empat keluarga yang akan direlokasi, yaitu keluarga Supri, Sofi, Pawit dan Harijan. Semuanya warga RT 01 RW 02 Kelurahan Panjer.

    "Untuk sementara sambil nunggu relokasi, kita akan akan kasih dana untuk ngontrak dulu," tegas Bupati Mohammad Yahya Fuad, disela-sela meninjau lokasi bencana.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top