• Berita Terkini

    Monday, November 21, 2016

    Ruwatan Warnai HUT Ke-32 Spentago

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Berbagai acara kerap dilaksanakan baik secara pribadi maupun kelembagaan dalam rangka memperingati hari bersejarah seperti HUT.  Hal itu pula dilaksanakan oleh SMP Negeri 3 Gombong (Spentago) dengan menggelar ruwatan dalam peringatan ke 8 Windu atau 32 tahun.

    HUT SMP Negeri 3 Gombong jatuh pada tanggal 20 November. Peringatan sendiri telah dilaksanakan selama satu minggu sebelum yakni pada Senin (14/11/2016). Peringatan diawali dengan pelaksanaan upacara, pertandingan Futsal dan voli antar kelas. Berbagai lomba pun mewarnai peringatan kegiatan tersebut, mulai dari tilawah, dai cilik, lomba mapel Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD hingga lomba melukis. Selain itu dilaksanakaan pula bakti sosial, yasinan dan tahlilan, pentas seni, jalan sehat, hingga pentas wayang ruwatan dan tasyakuran.

    Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga H Ahmad Ujang Sugiyono SH juga turut menghadiri serangkaian kegiatan HUT Spentago yakni pada Sabtu (19/11). Dalam sambutannya mengatakan, menurut UNESCO minat baca bangsa Indonesia sangat rendah yakni hanya 0,001. Itu artinya dari 1.000 orang warga Indonesia hanya ada satu yang mempunyai minat baca. “Padahal membaca merupakan jendela dunia. Maju dan tidaknya pendidikan juga dipengaruhi oleh minat baca para siswanya,” tuturnya.

    Maka dari itu, diharapkan pada semua pihak sekolah, untuk terus meningkatkan minat baca para siswanya. Hal ini dapat dilakukan dengan  terus melakukan himbauan, maupun melalui program literasi sekolah. “Dengan banyak yang rajin membaca, diharapkan mutu pendidikan akan terus meningkat,” terangnya.

    Kepala SMP Negeri 3 Gombong Tubari mengatakan, tema kegiatan HUT Ke 32 kali ini yakni “Dengan HUT 32 kita tingkatkan, kreatifitas pendidikan dan kekeluargaan, untuk membentuk generasi muda yang berbudaya dan berkarakter serta cerdas”. Untuk mendukung kecerdasan dilaksanakan lomba UNSBN, tilawah tingkat SD. Kreatifitas dilaksanakan dengan lomba lukis, jalan seha, volly dan futsal. “Dengan demikian kegiatan yang dilaksanakan jauh dari sekedar hura-hura semata, namun mempunyai makna yang mengandung arti,” paparnya.

    Dalam ajang tersebut juga dilaksanakan pementasan dengan dalang cilik Rizki Adrian kelas VII F SMP Negeri 3 Gombong. Meski baru pertama kali pentas namun Rizki dengan sangat piawai memainkan wayang kulit. Wayang ruwatan juga dimainkan oleh dalang Ki Mirun, yang selanjutnya, diteruskan dengan pagelaran wayang kulit dengan lakon “Wahyu Cakraningrat” oleh dalang Ki Langgeng Hidayat dari Rangkah Buayan. “Selain itu dalam kegiatan kali ini juga dilaksanakan pengukuhan Pengurus Alumni SMP Negeri 3 Gombong yang mewadahi alumni dari tahun 1987 hingga tahun ajaran 2015-2016. Semoga kegiatan tersebut selalu membuat SMP Negeri  3 Gombong maju dan berkembang,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top