• Berita Terkini

    Saturday, October 8, 2016

    Tunggakan Pajak Kendaraan di Kudus Rp 36 M

    KUDUS – Tunggakan pajak kendaraan bermotor (PKB) di Kudus terbilang tinggi. Hingga Agustus tahun ini, sudah mencapai Rp 36 miliar.

    Kepala Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kudus Wibowo mengatakan, objek pajak yang masih belum dilunasi sebanyak 100.532 buah dari total 13 jenis objek.

    Objek pajak menunggak, didominasi roda dua atau sepedamotor. Dia merinci, sepeda motor mencapai 93.810 unit dengan nilai tunggakan mencapai Rp 26,61 miliar. Lainnya mobil 3.149 unit, truk dan pick up 2.520 unit, dan kendaraan lain.

    DONNY SETIYAWAN/RADAR KUDUS
    Wibowo mengatakan, untuk melakukan tagihan tunggakan pembayaran, pihaknya sudah menyurati para wajib pajak agar melakukan kewajibannya. Pihaknya juga melakukan operasi gabungan bersama kejaksaan, pengadilan negeri dan Satlantas Polres Kudus. ”Beberapa waktu lalu kami sudah melakukan operasi pajak kendaraan bermotor. Warga wajib pajak yang nunggak, langsung dapat membayar di tempat,” jelasnya.

    Dia menambahkan, nilai denda BBNKB karena terjadinya tunggakan itu Rp 81,9 juta. Bulan lalu denda tunggakan kumulatif mencapai Rp 71,5 juta. Sedangkan denda Juli lalu mencapai Rp 10 juta.
    Adapun denda PKB total Rp 1,6 miliar. Bulan ini denda pajak kendaraan mencapai Rp 281,6 juta. Bulan Juli lalu kumulatif Rp 1,3 miliar. ”Per Agustus ini, pendapatan dari Pajak Kendaraan Bermotor mencapai Rp 70,5 miliar atau sekitar 63 persen,” jelas Wibowo.

    Pendapatan PKB bulan tersebut masih meleset dari target yang dicanangkan. Semestinya, ucap dia, pendapatan dari PKB sudah mencapai 66 persen. ”Kami juga akan menggelar operasi lagi untuk mengingatkan masyarakat. Selain gabungan, kami juga akan merencanakan operasi mandiri tanpa melibatkan instansi lainnya untuk memperkecil jumlah tunggakan,” katanya. (him/lil)


    GRAFIS

    TUNGGAKAN PAJAK KENDARAAN:
    Jumlah Tunggakan : Rp 36 miliar.
    Jumlah Kendaraan yang Menunggak Pembayaran : 100.532 buah dari total 13 jenis objek.
    Dominasi : Roda dua atau sepedamotor.
    Rinciannya:
    Sepeda motor : 93.810 unit dengan nilai tunggakan mencapai Rp 26,61 miliar.
    Mobil : 3.149 unit.
    Truk dan pick up : 2.520 unit.
    Kendaraan lainnya : 1.053 unit.

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top