• Berita Terkini

    Tuesday, October 4, 2016

    Sambut Tahun Baru Hijriyah, Warga Sawangan Gelar Pawai Budaya

    saefur/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Suasana tahun baru Hijriyah di Desa Sawangan Kecamatan Alian, baru lalu berjalan semarak. Untuk memeringati pergantian tahun Islam tersebut, warga setempat khususnya para pemuda yang tergabung dalam Ikatan Ramaja Masjid dan Mushola (Irmala) menggelar pawai budaya.

    Sekitar 350 anggota Irmala diarak keliling desa pada kegiatan yang dipusatkan di halaman desa Sawangan Kecamatan Alian pada Sabtu akhir pekan lalu itu (2/4/2016). Dalam kesempatan tersebut berbagai kerajinan dan kreasi ditampilkan, mulai aksi teatrikal, kekejaman ISIS, kebudayaan Islam sampai ondel ondel Betawi. Hujan yang sempat mengguyur tak menyurutkan warga yang setia menyaksikan hingga akhir acara.

    Kepala Desa Sawangan Teguh Suryadi (42) mengatakan, kirab budaya dalam memeringati tahun Baru Hijriyah tersebut sebagai bentuk kegiatan positif bagi para pemuda setempat sekaligus memperkuat Ukhuwah Islamiyah diantara warga.  Tak kalah penting, memotivasi remaja setempat untuk rajin beribadah dan mengaji. "Muaranya akan terbentuk moral dan akhlak generasi muda yang mulia sehingga mereka bisa berguna bagi masyarakat," kata Kades.

    Ketua panitia Ahmad Sahri (25) menambahkan,peringatan tahun baru Hijriyah juga bertujuan meningkatkan pengetahuan Islami generasi muda. Sekaligus menanamkan kecintaan terhadap masjid dan organisasi remaja masjid. "Kegiatan ini juga untuk menanamkan akidah Islam dan adat istiadat yang sesuai tuntutanan agama. Diharapkan, itu akan menjadi bekal hidup generasi muda di masa datang dan setelah mati," imbuhnya.

    Salah satu peserta, Arif Pria Purnama (18) mengaku sangat senang dengan kegiatan kemarin. "Senang dan bangga bisa berpartisiasi di acara yang penting ini, karena bisa menambah wawasan Islami. Selain itu, pengetahuan, kualitas kami sebagai muslim meningkat," katanya.

    Ungkapan senada diungkap warga yang antusias menyaksikan jalannya kirab budaya kemarin. "Bagus sekali. Ini ngak cuma hiburan tapi juga bisa mengajak kreatifitas teman teman irmala bisa ngaji untuk bekal hidup," kata Nuni Nurbaeti (18) salah satu warga Desa Sawangan.(saefur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top