• Berita Terkini

    Tuesday, October 4, 2016

    Luncurkan Program Jemari, Bupati Minta Dukungan Masyarakat Kebumen

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Berbagai upaya dilakukan Pemkab Kebumen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Sejumlah terobosan pun diciptakan untuk mendekatkan dan memberikan kemudahan  bagi warga kebumen.  Seperti belum lama ini Pemkab Kebumen menggelar  program Jemari (Jalinan Membangun Silaturami)  yang dilaksanakan di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah.

    Diawali dengan  senam bersama di halaman Goa Jatijajar, dilanjutkan dengan pembukaan Jemari yang dilakukan oleh Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad.  Nampak pula Sekda Kebumen Adi pandoyo, sejumlah perwakilan Forkompinda, Kepala SKPD terkait serta camat Ayah. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolik dokumen Kependudukan kepada perwakilan masyarakat.

    Usai pembukaan, Bupati beserta rombongan meninjau sejumlah proyek pengembangan Goa Jatijajar. Yang dilanjutkan dengan peletakan baru pertama pembangunan salah satu warga sasaran rumah tidak layak Huni (RTLH). Yakni rumah milik Tinah, warga RT 04 RW 04 Desa Jatijajar.

    Dalam sammbutannya, Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, mengatakan Jemari dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemkab Kebumen untuk senantiasa hadir dan melayani masyarakat. Menurut Bupati, dapat hadir dan melayani masyarakat adalah sebuah komitmen sekaligus kebanggaan. "Kegiatan ini diharapkan akan semakin merekatkan jalinan silaturahmi, kerjasama, dukungan dan sinergitas. "Antara masyarakat dengan pemerintah Kabupaten Kebumen," kata Mohammad Yahya Fuad, saat ditanya oleh awak media.

    Bupati juga mengajak, dengan semangat kebersamaan untuk membangun dan berdayakan masyarakat. Serta dengan semangat  kegotong-royongan, berdayagunakan potensi yang ada untuk mengatasi beragam persoalan yang terjadi. Serta bukan hanya menjadi sebuah kegiatan biasa, melainkan menjadi sebuah inspirasi dan motivasi yang terus ditindaklanjuti. "Baik oleh masyarakat maupun Pemkab Kebumen di semua tingkatan," ujarnya.

    Berbagai kegiatan digekar dalam Jemari kali pertama ini. Diawali dengan senam bersama, kerja bakti, pengobatan gratis, pelayanan akseptor KB, serta  berbagai macam penyuluhan. Seperti  penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh Dinas kesehatan Kabupaten Kebumen.

    Dari penyuluhan tersebut diharapkan  dapat meningkatkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Penyuluhan lainnya  adalah penyuluhan  HIV AIDS,  Pertanian serta penyuluhan cara pemeliharaan ikan oleh SKPD yang berkompeten.

    Sementara bertempat di SD Negeri 1 Jatijajar, juga diberikan pelayanan perpustakaan keliling  dan Penyuluhan  Komisi  Perlindungan Anak, serta  pengenalan sekolah Adiwiyata.

    Selain itu juga dilakukan pelayanan perekaman data kependudukan secara massal oleh Dinas Kependudukan dan Catatan  sipil. Antusias masyarakat ternyata cukup tinggi. Selama empat hari  proses pelayanan KTP elektronik di desa tersebut, terdapat  sekitar   500 pemohon. Yang terdiri dari perekaman dan pencetakan KTP elektronik dan surat kelahiran.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top