• Berita Terkini

    Monday, September 12, 2016

    Lomba Tabuh Bedug Semarakkan Idul Adha di Kebumen

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 26 peserta mengikuti lomba tabuh bedug dalam rangka memeriahkan hari raya Idul Adha 1437 H di Alun-alun Kebumen, Minggu (11/9/2016). Selain untuk memeriahkan perayaan hari raya Idul Adha, lomba yang diselenggarakan oleh Pemkab Kebumen, ini juga sebagai ajang untuk meningkatkan kreatifitas seni Islami.

    Dari 26 peserta  yang mengikuti lomba merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen. Lomba tersebut dibuka Bupati Mohammad Yahya Fuad, didampingi oleh Sekda Adi Pandoyo, didampingi Asisten 2 Sekda Tri Haryono,  Kabag Kesra Setda Kebumen Siti Nuriatun Fauziah.

    Pantauan Kebumen Ekspres, acara yang dimulai sejak pagi itu berlangsung meriah. Satu persatu grup penabuh bedug menampilkan kebolehannya di panggung yang sudah disediakan panitia. Setiap peserta diberi kesempatan sepuluh menit untuk membawakan dua lagu wajib, yaitu takbiran dan lagu Kebumen Beriman. Tak hanya lagu wajib setiap peserta juga wajib membawakan sejumlah lagu pilihan. Setiap penampilan peserta juga wajib membawakan takbir.

    Para peserta pun terlihat antusias. Kreatifitas para peserta terlihat dalam membawakan lagu tema Islami dengan hanya diiringi, gamelan, rebana dan bedug. Sorak-sorai para pendukung menambah semangat peserta.

    Aksi mereka dinilai oleh lima dewan juri, yang akan menentukan juaranya. Adapun penilian didasarkan pada lima poin, meliputi harmonisasi dan kreatifitas musik yang dibawakan, kekompakan, ketepatan waktu, vokal, penjiwaan serta artikulasi.

    Kepala Bagian Kesra Setda Kebumen, Siti Nuriatun Fauziyah, mengatakan selain untuk memeriahkan hari raya Idul Adha, lomba tabuh bedug ini juga sebagai ajang untuk meningkatkan kreatifitas seni islami disetiap remaja masjid yang ada di Kebumen.

    "Juga untuk menggali potensi kesenian Islami dan mengembangkan nilai serta seni budaya Islaml di Kabupaten Kebumen," terang wanita yang dikarib disapa Inung ini, disela-sela acara.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top