• Berita Terkini

    Friday, July 1, 2016

    Safari Ramadhan, Kwarcab Kebumen Bagikan 300 Takjil

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kebumen, melalui Dewan Kerja Cabang (DKC) baru-baru ini, menyelenggarakan Safari Ramadhan di SMP N 3 Kebumen. Kegiatan yang mengambil tema “ Gerakan Pramuka sebagai pemersatu generasi bangsa menuju masyarakat religius” diikuti oleh 113 peserta dari utusan Dewan Kerja Ranting, Dewan Saka, Dewan Ambalan dan Dewan Racana.

    Kegiatan Safari Ramadhan dibuka langung oleh Ir Gunadi. Hadir dalam kegiatan tersebut oleh sekretaris Kwarcab Edy Sukamsi dan Ancu Penegak Tri Aprianti
    Dalam kesempatan itu Ir Gunadi mengatakan,  kegiatan ini safari Ramadhan bertujuan untuk membina dan mengembangkan sikap Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, membina generasi muda Islam melalui gerakan pramuka, menambah wawasan dan pengetahuan di bidang keagamaan dan meningkatkan solidaritas anatara anggota Pramuka. “Ini sesuai dengan amalan Dasa Darma Pramuka,” tuturnya.

    Ketua DKC Kwarcab Siti Nur Azizah Kebumen menambahkan, kegiatan Safari Ramadahan ini selain diisi materi kepramukaan juga diisi dengan materi keagamaan, kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan dari Aksi Pramuka Peduli yang peduli sesama kaum dhuafa dan peduli dengan sesama. Kepedulian itu salah satunya.iwujudkan dengan dengan wujud nyata bagi 300 bungkus takjil. “Pembagian  di laksanakan di Tugu Lawet, Alun-alun dan  Jalan Pramuka Kebumen,” terangnya.

    Di Bulan Ramadhan, ini pramuka peduli juga ikut serta membantu masyarakat dengan menerjunkan Anggota DKC ikut PAM Lembaran di Posko Terpadu, RSUD Dr.Soedirman bersama Orari, Kodim 0709/Kebumen dan Saka Bhanyangkara di sekitar jalan kolopaking dan Toserba Jadi Baru (JB) Kebumen. “Iklas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana, itu harus diimplementasikan secara nyata oleh anggota Pramuka,” tegasnya.

    Dijelaskannya, anggota harus mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma. Tri Satya merupakan sumpah bagi anggota pramuka, sedangkan sikap dan pandangan hidup serta ajaran yang luhur terdapat pada Dasa Dharma Pramuka. “Jika manusia mampu suci dalam pikiran perkataan maupun perbuatan, maka dia akan menjadi manusia yang sangat baik dan bijaksana. Itu saja baru satu dari 10 isi Dasa Dharma,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top