• Berita Terkini

    Monday, June 6, 2016

    Pengiriman Benda Cair, Tumbuhan dan Binatang Kini Bisa Lewat Kantor Pos

    imam/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dalam rangka memberikan layanan bagi masyarakat sekaligus mendorong berkembangnya sektor UMKM , PT Pos Indonesia kini membuka layanan baru. Yakni pengiriman barang cair, barang kerajinan dari binatang termasuk tumbuhan ke seluruh penjuru dunia.

    Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Pos Cabang Kebumen Dwi Putro Budhie Wibowo di sela-sela acara Gathering bersama pedagang online dan anggota UMKM yang dilaksanakan di Rumah Makan Candisari Karanganyar, Sabtu (4/6/2016).  Kegiatan yang mengundang 140 Pedagang on line dan UMKM itu digelar guna memberikan apresiasi kepada para pedagang online dan anggota UMKM.


    Hadir dalam kesempatan itu, Manajer Penjualan Kantor Pos Regional VI PT Pos Indonesia Jawa Tengah-DIY Dr KM Amran SE MM. Acara Gathering semakin meriah dengan diberikannya bingkisan menarik kepada 10 pedagang online dan UMKM yang saat itu membawa struk pengiriman pos terbanyak.

    Dwi Putro Budhie Wibowo mengatakan, layanan pengiriman Pos mampu bersaing dengan para jasa pengiriman barang lainnya, baik itu waktu maupun harga. Jasa pengiriman pos juga dapat dilakukan ke hampir semua negara di dunia. Kantor Pos juga menyiapkan layanan pembuatan sertifikat karantina.  "Sertifikat itu diperlukan  seperti pada pengiriman komoditi tertentu ke luar negeri. Kalau di Kebumen jenitri. Jadi, dalam hal ini Kantor Pos yang menguruskan sertifikat sehingga masyarakat tak perlu repot-repot," katanya.

    Dijelaskannya, kini juga terdapat peluang usaha bagi masyarakat, yakni dengan menjadi agen pos. Masyarakat dapat menjadi agen pos dengan cara mendaftarkan diri ke kantor pos. Usai mendaftar, kantor pos akan mendatangi untuk melakukan survai. “Keuntungannya, agen akan mendapatkan 20 persen untuk pengiriman dalam negeri dan 18 persen untuk pengiriman ke luar negeri,” tegasnya didampingi manajer pelayanan Kantor Pos Kebumen Safri.

    Sementara  Dr KM Amran SE MM menyampaikan kini layanan Pos Ekspor dapat mengirim barang ke luar negeri khusus untuk UMKM, hanya dengan waktu tempuh kiriman H + 4 sampai dengan H + 8. Layanan tersebut mampu menjangkau 250 negara tujuan. Adapun berat kiriman yang diterima diatas 10 kilogram sampai dengan 300 kilogram. “Kemudahannya jejak lacak status kiriman dapat dilakukan melalui ems.posindonesia.co.id,” paparnya.

    Sementara itu, salah satu pedagang online yang beruntung mendapatkan bingkisan Nesti Meilina Dama (22) mengatakan, selama ini dia selalu mengunakan jasa pos dalam setiap mengirim pesanannya. Selain keamanannya terjamin, waktunya cepat harganya pun mampu bersaing dengan jasa pengiriman lain. “Untuk mengirim barang, lebih enak jika menggunakan layanan pos,” ucapnya yang mengaku memiliki bisnis online boneka bantal. (mam)





    Berita Terbaru :


    Scroll to Top