• Berita Terkini

    Tuesday, June 7, 2016

    Antisipasi Turunnya Pasokan Saat Puasa, PMI Gelar Donor Darah Massal

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 258 kantong darah berhasil dikumpulkan pada kegiatan donor darah massah di Markas PMI Kebumen, Sabtu (4/6/2016). Tambahan stok darah tersebut cukup membantu Unit Donor Darah PMI Kebumen menyusul setiap memasuki bulan ramadan, warga yang bersedia mendonorkan darahnya sangat sedikit.

    Ketua Panitia Donor Darah Massal dr Gilar Rizki Aji Pradana, mengatakan sudah menjadi realita pada bulan puasa kebutuhan darah meningkat, sementara pendonor darah sukarela yang mendonorkan darahnya menurun. "Jadi kegiatan ini dalam rangka mencukupi kebutuhan darah pada bulan puasa," kata Gilar, kepada Kebumen Ekspres, disela-sela kegiatan.

    Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut juga sekaligus peringatan hari palang merah dan bulan sabit merah internasional. Serta peringatan hari donor darah sedunia tahun 2016. "Kegiatan ini juga untuk mengenalkan markas baru PMI Kebumen, yang sudah pindah di Jalan Arungbinang," ujarnya.

    Dia berharap, kegiatan tersebut dapat membantu Pemkab Kebumen dalam penyiapan darah aman dan sehat pada ramadan. Selain itu, untuk mengingatkan donor darah sebagai bagian dari kegiatan kemanusiaan. Juga untuk mengingatkan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup. "Meningkatkan apresiasi dan keterlibatan masyarakat pendonor darah, melalui bentuk dukungan kegiatan menolong sesama tanpa memandang suku, bangsa, agama dan ras," paparnya.

    Dokter muda ini, menjelaskan darah merupakan salah satu komponen paling penting yang ada di dalam tubuh. Yang berfungsi sebagai alat transportasi oksigen dan sari-sari makanan yang dibutuhkan seluruh tubuh untuk aktivitas, pemeliharaan dan regenerasi sel. Kehilangan dan kekurangan darah di tubuh dapat menyebabkan kematian pada kecelakaan dan proses melahirkan. "Juga bertammbah parahnya penyakit misalnya gagal ginjal, talasemia, anemia dan lainnya," pungkasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top