• Berita Terkini

    Tuesday, May 3, 2016

    Peringatan Hardiknas di Buluspesantren Berlangsung Khidmat

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Tanggal 2 Mei ditetapkan menjadi Hari Pendidikan Nasional. Seluruh insan pendidikan di Indonesia pun memeringatinya. Tak terkecuali di Kecamatan Buluspesantren. Upacara yang digelar di halaman SDN 2 dan 3 Waluyo kecamatan setempat, Senin (2/5) itupun berlangsung khidmat.

    Upacara peringatan itu juga disemarakkan dengan penampilan dua grup drum band dari SDN Rantewringin dan SDN 3 Waluyo. Hadir dalam upacara dengan peserta siswa SD, SMP, SMA dan SMK Kecamatan Buluspesantren itu, Kapolsek Buluspesantren AKP Surono, Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Buluspesantren Sururudin SPd, Pewakilan Danramil Buluspesantren Mayor Suparno. Adapun inspektur upacara, Camat Buluspesantren Sunarno SH.

    Membacakan sambutan  Menteri Pendidikan Repuplik Indonesia Anies Baswedan, Camat Buluspesantren mengatakan semua instansi pendidikan kini mengkampanyekan pandidikan karakter. Ini bertujuan agar generasi penerus bangsa mempunyai karakter yang baik. Dalam pendidikan karakter terdapat dua hal pokok yakni karakter moralitas dan karakter kinerja.

    Karakter moralitas meliputi kejujuran dan budi pekerti serta akhlaq mulia. Sedangkan karakter kinerja mencakup tentang aspek kerja keras, rajin ulet, tekun, gigih dan kerja keras. “Maka generasi yang berkarakter jangan sampai jujur tapi malas, atau rajin namun culas,” katanya.

    Dalam amanatnya, Sunarno menjelaskan, sesuai dengan apa yang pernah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo bahwa bangsa Indonesia akan disegani dunia apabila masyarakatnya baik dan berkualitas. Manusia dapat berkualitas kalau mutu pendidikannya baik. “Memiskinkan generasi penerus bangsa  sama halnya dengan memiskinkan kemajuan bangsa,” katanya.

    Lebih lanjut diterangkan, kemajuan teknologi telah membuat lompatan kehidupan semakin jauh. Kini manusia menjadi lebih sulit untuk memprediksikan masa depannya sendiri. Maka kemajuan pendidikan menjadi hal yang sangat penting dan utama. “Tema pendidikan kali ini adalah “ Nyalakan pelita dan terangkan cita-cita” mudah-mudahan para generasi penerus bangsa mampu mencapai apa yang dicita-citakan,” terangnya.

    Hari Pendidikan menjadi momentun yang sangat berharga untuk membangkitkan kembali semangat belajar. Momen tersebut juga digunakan oleh Sururudin SPd untuk menyerahkan piala dan medali penghargaan kepada siswa PAUD hingga SD yang berprestasi. Dari beberapa prestasi yang diperoleh salah adalah, SDN 1 Bocor yang berhasil menjadi juara 1 sepak takro POPDA Jateng. Penyerahan piala dan medali itu, dilaksanakan usai  upacara peringatan. “Kita terus mendukung para siswa untuk meraih prestasi, baik itu dibidang akademik maupun non akademik,” ucap Sururudin. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top