• Berita Terkini

    Thursday, March 17, 2016

    Alhamdulillah, Vanda Bocah Penderita Gizi Buruk Dirujuk ke RS Margono

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Simpati mengalir bagi Vanda Setia Ningrum (2), bocah penderita gizi buruk warga RT 3 RW 2  Desa Surorejan Kecamatan Puring. Setelah marak diberitakan media massa, bantuan mengalir bagi Vanda.

    Kamis (17/3/2016), sejumlah anggota DPRD dan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Kebumen, dr H Pudjo Trimakno  mengunjungi Vanda di rumahnya. Kedatangan ini untuk memastikan kondisi Vanda setelah pulang dari RSUD dr Soedirman, Senin (14/3).  Saat itu, meski tak diperbolehkan pulang, kakek nenek Vanda pasangan  Nuryadi (67)-Sumarni (67) memaksa pulang dengan menggunakan becak.

    Tiga hari setelah kepulangannya, kemarin Vanda belum juga terlihat membaik. Kondisi Vanda pun membuat rombongan yang dipimpin Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Kebumen Sudarmaji terharu. Begitupun Akhsin, dan Anggota Komisi B antara lain Agus Khamim, Yuniarti Widayaningsih, Stevani Dwi Artiningsih, Sri Susilowati, dan Budi Puspita.

    Setelah menyaksikan langsung kondisi Vanda, para wakil rakyat itu berjanji akan mengupayakan bantuan bagi biaya pengobatan Vanda. Tak hanya berjanji, mereka mengawalinya dengan berpatungan. Para anggota dewan dari Komisi B itupun tak segan mengangsurkan uang ke dalam kardus yang dibawa Stevani Dwi Artiningsih. Hasilnya, uang Rp 1,05 juta terkumpul saat itu dan langsung diserahkan kepada keluarga Vanda.

    Menurut Stevani, pihaknya tergerak untuk segera menangani pasien yang sempat dirawat di RSUD dr Soedirman Kebumen dan pulang hanya naik becak tersebut. Vanda yang terkena gizi buruk itu tidak diurus oleh orang tuanya.  Kondisinya masih memperihatinkan lagi dengan penyakit radang paru-paru atau pneumonia. Vanda yang selama ini dirawat kakek dan neneknya, Nuryadi (67) dan Sumarni (67) itu pun tampak berat saat bernafas. "RSUD dr Soedirman telah memberilan pelayanan yang baik kepada Vanda," terangnya diamini dr Pudjo Trimakno.

    Pihaknya pun berharap agar Vanda ditangani secara baik dan benar.  Dalam hal ini tidak usah saling menyalahkan, namun bagaimana memberi  solusi untuk segera menolong Vanda. Penanganan yang baik telah dilakukan RSUD Dr Soedirman, sedangkan penanganan yang benar harus dirujuk ke rumah sakit yang tepat. Dalam hal ini tidak di RSUD Dr Soedirman karena belum memiliki peralatan yang memadai. Untuk itu, para wakil rakyat yang menjenguk Vanda berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit Margono Soekarjo Purwokerto.  Hari ini, Jumat (18/3), Vanda akan berangkat menuju Purwokerto.

    Sebelumnya Vanda sempat akan dirujuk ke Rumah Sakit Sardjito. Namun atas pertimbangan keluarga dan Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kebumen akhirnya diputuskan dirujuk ke Margono. Terkait dengan perawatan terhadap Vanda di rumah sakit tersebut, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Kebumen Sudarmaji meminta agar dimasukkan ke BPJS. Pihaknya juga berharap partisipasi pemerintah Desa Surorejan serta masyarakat setempat untuk ikut membantu keluarga Vanda.

    Kepala Desa Surorejan Sarwono pun menyatakan siap membantu keluarga Vanda dan mengurusnya agar masuk BPJS. (mam/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top