• Berita Terkini

    Tuesday, March 1, 2016

    415 Siswa Ikuti O2SN SMK tingkat Kabupaten Kebumen

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Sebanyak 415 peserta dari 32 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengikuti Ajang Olympiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) SMK, tingkat Kabupaten Kebumen tahun 2016 yang digelar Sabtu-Minggu (27-28 Januari 2016).

    Ada empat cabang olah raga yang dipertandingkan pada ajang ini, meliputi bulu tangkis, panca lomba, bola voli dan tenis meja. Lomba semua cabang olah raga tersebut dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kebumen, kecuali cabang oleh olah raga bulu tangkis yang kali ini mengambil tempat di gedung olah raga (GOR) Talenta Kecamatan Klirong.

    Adapun hasil kejuaraan, untik lomba bulu tangkis putra dimenangkan oleh SMK Negeri 2 Kebumen sebagai juara 1, disusul SMK TKM Teknik Kebumen sebagai juara 2 dan SMK TKM Pertambangan Kebumen sebagai juara 3. Sedangkan cabang bulu tangkis Putri dimenangkan oleh SMK Farmasi sebagai juara 1, disusul SMK Negeri  1 Kebumen sebagai juara 2 dan SMK Cipta Karya Prembun juara 3.

    Sementara cabang Panca Lomba Putra dimenangkan oleh SMK Negeri  2 Kebumen sebagai juara 1, SMK Negeri  2 Puring juara 2 dan SMK Negeri 2 Kebumen juara 3. Adapun panca lomba putri, SMK Batik Sakti 1 Kebumen menjadi juara 1, SMK Negeri 2 Kebumen juara 2 dan SMK Negeri 1 Karangayar juara 3.

    Berikutnya, cabang olah raga Voli Putra, Juara 1 SMK Cipta Karya Prembun, Juara 2 SMK Taruna Abdi Bangsa dan juara 3 SMK Negeri 1 Ambal. Untuk Voli Putri Juara 1 diraih oleh SMK Batik Sakti 2 Kebumen, Juara 2 diraih oleh SMK Negeri 1 Kebumen dan juara 3 diraih oleh SMK Negeri 1 Karanganyar. Sedangkan untuk lomba Tenis Meja Putra,  Juara 1 diraih oleh SMK Negeri 1 Puring, juara 2 diraih oleh SMK Negeri 2 Kebumen dan juara 3 diraih oleh SMK BK 2 Karanganyar. Untuk tenis meja putri juara 1 diraih oleh SMK Negeri 2 Kebumen, juara 2 diraih oleh SMK Batik 1 Kebumen dan juara 3 diraih oleh SMK N 1 Karanganyar.

    Ketua panitia O2SN SMK Dra Budi Nurhayati mengatakan, awalnya kegiatan diagendakan berlangsung satu hari. Namun, karena tak memungkinkan, kegiatan diperpanjang menjadi dua hari. "Alhamdulillah, rangkaian kegiatan berlangsung lancar," ujarnya.

    Ditambahkan, juara 1 dari masing-masing lomba tersebut, nantinya akan mengikuti kegiatan O2SN tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 11-14 April mendatang. “Namun khusus untuk cabang bola Voli, yang akan mewakili Kebumen di O2SN tingkat Jawa Tengah adalah tim yang dibentuk dari gabungan beberapa regu tim bola voli,” kata perempuan yang juga Kasi Kurikulum dan Peningkatan Mutu SMK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga (Dikpora) Kebumen itu.

    Masih kata Budi Nurhayati, selain untuk meningkatkan skill olah raga dan mencari atlet muda berbakat, kegiatan  O2SN juga berfungsi untuk mengukur kinerja guru olah raga, dalam mengaplikasikan kurikulum 2013 kepada para siswanya. “Melihat para pemenangnya, saya optimis jika Kebumen akan mampu menjuarai O2SN tingkat provinsi,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top