• Berita Terkini

    Friday, March 18, 2016

    1072 Siswa SD Ikuti Sikat Gigi Massal

    CAHYO/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sebanyak 1072 siswa SD mengikuti sikat gigi massal yang digelar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kebumen  di Puskesmas di Kecamatan Karanggayam 1, Jumat (18/3/2016). Aksi tersebut dihelat dalam rangka menyongsong Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia yang jatuh pada 20 Maret mendatang sekaligus sebagai ajang pecah rekor Muri (Musium Rekor Indonesia).



    Para peserta yang berasal dari 8 SD di Kecamatan Karanggayam itu pun terlihat antusias. Di kesempatan tersebut, peserta didampingi 52 dokter anggota PDGI Kebumen yang sekaligus menjelaskan bagaimana cara menggosok gigi yang benar. Di penghujung kegaiatan, para dokter gigi itu juga melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dengan gratis. Tak berhenti sampai di situ, dalam 21 hari kedepan, para peserta kembali akan dipantau.

    Ketua PDGI Kabupaten Kebumen, drg Henry Setiawan mengatakan, kegiatan kemarin dalam rangka memeringati Hari Kesehatan Gigi Sedunia (HKGS) tingkat Kabupaten Kebumen. HKGS, sejatinya jatuh pada 20 Maret namun untuk tahun ini diperingati dua hari lebih awal. "Tak hanya di Kebumen. Sikat gigi massal ini juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak 150 ribu dari 500 sekolah dasar dan melibatkan 4200 dokter gigi. Targetnya memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) untuk sikat gigi massal dengan peserta terbanyak," kata Henry di sela-sela kegiatan.

    Selain soal rekor, Henry mengatakan, sikat gigi massal tersebut sekaligus menyosialisasikan pentingnya kesehatan gigi. Setelah tahu cara merawat gigi dengan benar, siswa juga diharapkan menularkan pengetahuan itu kepada siswa lain, keluarga bahkan kedua orang tua mereka. Bagi PDGI, kegiatan kemarin juga sebagai bentuk kepedulian serta dalam rangka ikut menyukseskan program kesehatan di Kebumen. "Diharapkan  para peserta ini akan menjadi agen perubahan di tengah masih belum banyaknya kesadaran warga masyarakat merawat gigi," ujarnya.

    Sementara itu, sejumlah peserta mengaku senang dengan kegiatan kemarin. Lewat kegiatan itu, M Ihsan (9) siswa SD N 2 Karanggayam mengaku bertambah pengalaman dan pengetahuan soal merawat gigi dengan baik dan benar. Ihsan yang kemarin didampingi gurunya, Sudaryo Spd mengaku akan menularkan pengetahuannya itu kepada teman dan keluarganya.
    "Saya baru pertama mengikuti kegiatan seperti ini,saya senang," ujar Nurdin Jatmiko (7) peserta lain dari SD N 3 Karanggayam.

    Selain pengurus PDGI Kebumen, acara kemarin juga dihadiri Kepala Puskesmas Karanggayam Anaz Fauzi SKM, Camat Karanggayam Bambang Sunyoto beserta jajaran Muspika.(cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top