• Berita Terkini

    Friday, March 18, 2016

    Kebumen Siap Gelar Sensus Ekonomi 2016

    SUDARNO AHMAD/IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sama halnya dengan di daerah lain seluruh Indonesoa, Kabupaten Kebumen memastikan diri siap menyukseskan sensus ekonomi 2016. Kesiapan tersebut ditandai dengan diselenggarakannya Apel Siaga Sensus Ekonomi 2016, di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Kebumen, Jumat (18/3/2016).

    Apel tersebut sebagai kesiapan menyelenggarakan sensus ekonomi yang dilakukan setiap 10 tahun sekali. Apel Siaga Sensus Ekonomi 2016 itu dipimpin Sekda Kebumen Adi Pandoyo.

    Pada kesempatan itu, Adi Pandoyo meminta semua elemen masyarakat menyukseskan Gerakan Ayo Sukseskan Sensus Ekonomi 2016. Semua elemen harus memberikan data yang sebenarnya dan data yang diberikan dijamin kerahasiannya. Menurutnya, sensus ekonomi dilakukan untuk mendapatkan data dasar sebagai dasar pemerintah untuk melakukan evaluasi dan perumusan kebijakan. Cakupannya semua sektor ekonomi kecuali sektor pertanian.

    Sekda mengatakan, sekitar enam minggu lagi akan memasuki tahapan paling penting dalam Sensus Ekonomi 2016, yaitu pencacahan lapangan. Adapun pendataan akan dilakukan selama sebulan penuh dari 1-31 Mei 2016. Ia juga berharap para petugas dapat menyampaikan kepada masyarakat bahwa responden tidak dipungut biaya, tidak ada kaitannya dengan pajak, data yang diberikan dijamin kerahasiaannya oleh Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997.

    "Sensus Ekonomi bertujuan untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, kecuali sektor pertanian dan merupakan landasan penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan," kata Adi Pandoyo.

    Menurutnya kegiatan ini sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional. Sensus ini sangat penting untuk pendataan seluruh sektor usaha secara menyeluruh guna melakukan perencanaan pembangunan. Untuk Oleh karena itu perlu adanya data yang valid. "Saya berharap pelaksanaan sensus ekonomi ini bisa berjalan dengan lancar," harap Adi Pandoyo.

    Apel menyambut bulan Sensus Ekonomi 2016 tersebut dilakukan di serentak di seluruh wilayah Indonesia sebagai bentuk pengabdian dalam menghasilkan data proses pembangunan Indonesia menjadi lebih baik. "Karena, data ini sangat penting dan bermanfaat bukan hanya bagi pemerintah sebagai pengambil kebijakan dan para pelaku usaha untuk mengembangkan usaha masyarakat," tegasnya.

    Selain itu, sensus ekonomi ini juga merupakan keselarasan dengan nawacita pemerintah untuk meningkatkan daya saing masyarakat, sehingga bisa lebih maju. Apalagi sekarang Indonesia sudah menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). "Daya saing itu diperlukan, sehingga kita bisa lebih maju," tandasnya.

    Dikatakan Kepala BPS Kabupaten Kebumen Mukhayin, SE2016 ini mengambil tema "Menyediakan Informasi untuk Pengembangan Usaha dan Daya Saing Bangsa". Menyusul adanya apel siaga SE2016 itu akan dilaksanakan pelatihan yang diikuti petugas pemeriksa lapangan dan pencacah lapangan, yang melaksanakan sensus hingga door to door.  (ori/mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top