• Berita Terkini

    Friday, March 18, 2016

    Kejari Musnahkan Barang Bukti

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Kejaksaan Negeri (Kejari) Kebumen memusnahkan ratusan barang bukti. Pemusnahan tersebut berdasarkan pada putusan pengadilan Negeri Kebumen yang amarnya memutuskan/memerintahkan beberapa barang bukti  tersebut dirampas untuk dimusnahkan sehingga tidak dapat diperigunakan kembali.

    Pemusnahan dilaksanakan di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Kebumen Jumat (18/3/2016), dengan cara dibakar. Sedangkan untuk minuman keras yang terdapat dalam botol dihancurkan.

      Turut menyaksikan pemusnakan tersebut Kepala Kejari Drs H Syakhrony SH, Sekda H Adi Pandoyo SH MSi, Kapolres Kebumen AKBP Alpen SH SIK MH, Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Priyo Sambodo SIP,  Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kebumen Santosa SH MH, Pengasuh Ponpes Al Hasani Kyai Supyan Al Hasan,  Kasi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Cilacap Andi Armein dan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Kebumen Azam Fatoni.

    Beberapa barang bukti yang dimusnahkan diantaranya uang palsu pecahan 100 ribuan sebanyak 150 lembar , rokok tanpa pita cukai 17.553 bungkus. Barang bukti uang palsu yang dimusnahkan tersebut masuk perkara Pidum. Dalam kesempatan itu juga dimusnahkan barang bukti minuman keras dari berbagai merk yang dikemas dalam ratusan botol.
    Terdapat juga minuman oplosan serta ciu yang dibungkus plastik dan jeligen. Adapula barang bukti sebanyak 900 butir pil Hexymer, delapan bungkus sabu-sabu. Masing-masing barang bukti tersebut dari tujuh perkara Pidum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. "Untuk perkara bea cukai rokok masuk Pidsus," kata Kepala Kejaksaan Negeri Kebumen Syakhroni di sela-sela pemusnahan barang bukti.

    Lebih lanjut Syakhroni menjelaskan, Perkara Pidsus itu terdapat dua perkara dengan barang bukti rokok tanpa pita cukai. Untuk perkara pertama dengan barang bukti rokok merk CC Mild, Fred Super, Frens, dan Alami sebanyak 12.603 bungkus. Perkara kedua terdapat barang bukti rokok merk Beruang, New Fel Super, Elank, Cap Dukun, Bulan, dan Mitra sebanyak 4.950 bungkus. "Barang bukti yang dimusnahkan tersebut dari perkara yang ditangani per September 2015 – Maret 2016," jelasnya

    Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan pula penandatanganan berita acara pemusnahan barang bukti perkara Pidum dan Pidsus oleh pejabat terkait. Selanjutnya barang bukti yang telah dimusnahkan tersebut dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Desa Kaligending Kecamatan Karanggayam, oleh Kasi Tindak Pidana Umum Kejari Kebumen Umardani dan Kasi Tindak Pidana Khusus Heru Cahyo Hartanto SH. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top