• Berita Terkini

    Friday, February 12, 2016

    Untidar Gelar Sosialisasi bagi Siswa SLTA

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebanyak 112 perwakilan dari sekolah SMA, SMK dan MA di Kabupaten Kebumen mengikuti sosialisasi SMPTN, SBMPTN dan PDSS yang dilaksanakan oleh Universitas Tidar Magelang (Untidar) dan mengambil tempat di SMA Negeri 2 Kebumen, Kamis (11/2/2016). Selain melaksanakan sosialisasi dalam kesempatan itu Untidar juga melaksanakan program bidik misi.

    Program Beasiswa Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik.
    Pada kesempatan kali ini, pihak Untidar juga menyerahkan langsung beasiswa bidikmisi, kepada salah satu mahasiswa Untidar yang beralamat di RT 2 RW 7 Kelurahan Tamanwinangun Kecamatan Kebumen. Untuk Tahun 2016 ini, Untidar mentargetkan 200 beasisea bidikmisi.

    Humas Untidar Hadi Arifiyanto SE mengatakan, sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), serta sosialisasi proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) penting untuk dilaksanakan. Pasalnya  saat ini PDSS wajib dilakukan oleh setiap siswa SMA swasta maupun negeri, yang akan masuk ke Perguruan Tinggi. “PDSS wajib untuk semua calon mahasiswa yang akan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri,” tuturnya.


    Pada sosialisasi tersebut, pihak Untidar juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kebumen.  Agar lebih efektif dan efisien pelaksanaanya sosialisasi itu dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kebumen.

    Pasalnya jika harus mendatangi sejumlah 112 sekolahan tentunya akan memakan banyak waktu. “Ini agar lebih efektif makanya dilaksanakan di satu tempat. Selain itu kita di juga dikawal oleh pihak Dikpora yaitu Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen),” katanya.
    Hadi Arifiyanto menjelaskan, kini di Untidar sendiri telah terdapat 10 Program Studi (Prodi) dari lima Fakultas. Adapun lima fakultas tersebut diantaranya Fakultas Ekonomi, Pertanian, FKIP Bahasa, Teknik dan Fisipol.

    Selain itu Untidar juga akan membuka kampus baru di Kabupaten Wonosobo dan Temanggung. “Rencananya kita juga akan berupaya untuk dapat mendirikan kampus Untidar di semua Kabupaten Eks Karesidenan Kedu, yaitu Purworejo, Wonosobo, Kebumen dan Temanggung,” ucapnya.

    Hadir pada kegiatan kemarin, Wakil Rektor I Untidar Prof Ir Ali Munawar MSc PhD, Ketua tim bidik misi Untidar Ir Yulia dan Wakil Rektor III Untidar dr Ir Bambang Kuncoro serta Ketua Panitia Penerimaan Siswa Baru Untidar Nuhun SE Akt.   (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top