• Berita Terkini

    Monday, February 29, 2016

    Smansaku Hijaukan Gunung Tugel

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Ratusan siswa SMA Negeri 1 Kutowinangun (Smansaku) hijaukan Gunung Tugel Desa Triwarno Kecamatan Kutowinangun. Bukan hanya itu saja pada kegiatan itu, para siswa juga membagi sembako dan uang kepada warga, Minggu (28/2).

    Kegiatan sosial tersebut, terlaksanan berkat kerjasama antara Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Smansaku dan Koramil 09/Kutowinangun. Ratusan siswa didampingi guru dan personil TNI dengan antusias menanam pohon akasia di area Gunung Tugel yang gundul. Pada saat yang bersamaan, siswa lainnya membagi-bagikan sembako dan sejumlah uang kepada warga.

    Dalam kegiatan yang mengambil tema Save Earth With Heart (Jaga Bumi dengan Hati) itu, Ketua OSIS SMA Negeri 1 Kutowinangun Wahyu Darmawan mengatakan, kegiatan bakti sosial rutin dilakukan oleh OSIS Smansaku setiap tahunnya. Dalam kegatan itu OSIS bekerja sama dengan beberapa oranisasi dibawahnya dan Koramil 09/Kutowinangun. Adapun Organisasi-organisasi dibawah OSIS meliputi Rokhis, Kutowinangun Pasukan Khusus (Kupasus), Pramuka dan palang Merah Remaja (PMR). “Ini rutin dilakukan, ini juga merupakan bentuk nyata dari kepedulian siswa kepada masyarakat dan lingkungan. Kali ini penanaman dilakukan di tiga tempat di area Gunung Tugel, salah satunya di makam desa ini,” tuturnya didampingi Choerun Nisa salah satu anggota Kupasus Smansaku.

    Dijelaskannya, pada bakti sosial kali ini, OSIS menanam 300 bibit pohon akasia, 20 paket sembako dan sejumlah uang yang dibagikan kepada warga. Pohon langsung ditaman oleh siswa di sejumlah ladang penduduk yang kosong. “Kita langsung melakukan penanaman, sebab kalau hanya diberikan dalam bentuk bibit,  dikhawatirkan tidak ditaman," katanya.

    Kepala sekolah SMA Negeri 1 Kutowinangun Waluyo Widodo SPd MM melalui Waka Kesiswaan Memet Marzuki SPd mengatakan, pihak sekolah selalu mendukung semua kegiatan positif yang dilaksanakan oleh OSIS. Kegiatan tersebut  merupakan bagian dari kreatifitas dan pendidikan karakter. Dengan melakukan bakti sosial para siswa akan menjadi pribadi yang peduli dengan sesama maupun lingkungan. “Ini merupakan bentuk tindakan nyata . Dengan demikian kegiatan ini akan memberi pelajaran bagi para siswa, bahwa jika ingin melakukan perubahan, lakukanlah dengan tindakan bukan hanya dengan ucapan,” tegasnya.

    Hal senada juga disampiakan oleh Danramil 09/Kutowinangun Kapten Arh Suwarno, menurutnya kegiatan bakti sosial akan menjadi pelajaran penting bagi para siswa untuk menanamkan jiwa kepedulian. "Dengan adanya rasa peduli dengan sesama, maka akan memperkuat persatuan dan kesatuan NKRI," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top