• Berita Terkini

    Sunday, January 24, 2016

    Takluk 1-2 dari PSCS, Persak Runner Up Piala Bupati Cilacap

    AZIZ/RADARBANYUMAS
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Persak harus puas menjadi runner up di ajang turnamen sepak bola Piala Bupati Cilacap. Bertanding di final melawan PSCS Cilacap di Stadion Wijayakusuma, Minggu (24/1/2016), "Acip" Ngasifudin dkk takluk 1-2.

    Dua gol kemenangan PSCS dicetak oleh penyerang asal Kamerun, Emile Mbamba, dan Samsul Arif yang bermain untuk klub Arema Cronus di Semi-Final Piala Jenderal Sudirman, Januari kemarin.

    Tampil di depan kurang lebih 5000 pendukung, PSCS yang dikomandoi Jimi Suparno sebagai kapten langsung tampil menekan sejak menit-menit awal. Beberapa kali mereka menekan lewat duo penyerang Mbamba dan Samsul Arif, namun dapat dipatahkan oleh duet central back Persak, Ok Jhon dan Leonard Tupamahu. Menit ke-20, Mbamba memecahkan kebuntuan dengan mencetak gol  tendangan first time ke kiri gawang dari bola umpan Samsul Arif.

    Setelah itu PSCS langsung meningkatkan tempo permainan, tetapi di menit ke 26, central back PSCS, Anderson da Silva membuat kesalahan dengan berlama-lama menahan bola. Striker Persak, Paul J Boumsong berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai merebut bola, berlari kencang dan melesakkan tendangan keras yang gagal diantisipasi kiper PSCS, Ega Riski.

    Selang tujuh menit kemudian, berawal dari sepak pojok, PSCS menjebol kembali gawang Persak Kebumen. Kali ini gol kedua PSCS dicetak Samsul Arif. Menerima bola liar di dalam kotak penalti, striker kelahiran Bojonegoro itu dengan keras menyarangkan bola ke sisi kanan gawang tanpa mampu dihalau kiper Persak, Ghoni Yanuar yang telah meninggalkan areanya. Skor 2-1 bertahan sampai baka pertama usai.

    Selepas turun minum, PSCS terlihat lebih sabar melakukan penyerangan dengan permainan tempo lambat. Sementara itu, Persak terlihat lebih banyak melancarkan serangan melebar melalui sisi kiri dengan mengandalkan kecepatan winger Timnas Indonesia, Okto Maniani. Tetapi upaya-upaya solo run Okto selalu berhasil dipatahkan full back PSCS, Julia Mardianus yang diintruksikan menjaga ketat pergerakan Okto.  Di sepanjang baka kedua tersebut, upaya kedua tim sampai menit-menit akhir laga tidak membuahkan hasil. Skor tetap bertahan 2-1 untuk PSCS hingga wasit meniup peluit panjang.

    Usai pertandingan, stadion Wijayakusuma bergemuruh dengan nyanyian-nyanyian kemenangan dan penyalaan flare mengelu-ngelukan para pemain PSCS. Pelatih PSCS, Aris Budi Sulistyo mengaku puas dengan hasil maksimal yang diraih pasukannya. Kemenangan atas Persak sekaligus melunasi "hutang" PSCS atas lawan yang sama di Piala Bupati Cup Banyumas dan Bupati Cup Banjarnegara lalu.

    Ia menyebut kehadiran striker anyar, Samsul Arif berhasil mendongrak tim. Ia juga menyebut Emile Mbamba sebagai pemain kunci yang tangguh mengecoh bek-bek lawan dan selalu siap mencetak gol dalam situasi apapun. "Emile adalah permain terbaik dalam Bupati Cup Cilacap 2016 ini. Ia memperlihatkan kepiawaiannya mencetak gol dalam segala situasi, mulai dengan memanfaatkan bola rebound, penalti, melewati beberapa bek sampai gol first time sore ini," ujarnya.

    Tampil sebagai pemenang Juara I, PSCS berhak mendapat trophy sekaligus hadiah sebesar Rp 20 juta. Sedang Persak Kebumen yang menduduki juara II mendapat hadiah Rp 10 juta. Ketua Umum PSCS, Farid Mar'uf menyatakan anak-anak PSCS telah memberikan tontonan sekaligus hiburan yang membanggakan warga Cilacap. Ia juga menyatakan, sebagai perayaan atas kemenangan PSCS, para pemain dan pelatih diberi bonus dengan total Rp 10 juta. "PSCS tak mengecewakan animo masyarakat Cilacap," ujarnya. (ziz/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top