• Berita Terkini

    Sunday, January 31, 2016

    Rahasia Tampil Sehat dan Cantik

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Siapa yang tak ingin punya kulit sehat dan terlihat cantik. Ternyata, untuk dapat tampil sehat, terawat dan cantik tidak harus selalu dengan biaya mahal. Namun, lebih kepada pola hidup sehat.

    Hal itu terungkap dalam acara Bincang kesehatan yang diselenggarakan  Roemah Matha Tilaar (RMT) Gombong di aula paviliun Wulan Tilaar RMT, Jumat (19/1). Hadir sebagai pembicara, dr Aryo Sudrajat Sp KK  yang tidak lain adalah Dokter Kulit dan Kelamin  dari PKU Muhammadiyah Gombong.

    Dokter Aryo menjelaskan secara medis, jerawat adalah peradangan kronik dari unit pilosebasea yang disertai penyumbatan keratin. Ini biasanya terjadi disekitar muka, leher, dada, maupun punggung. Faktor penyebabnya bisa terjadi dari genetik atau keturunan, ras, haid atau datang bulan, faktor hormon, makanan, musim, sebum atau lemak. “90 persen jerawat terjadi pada usia remaja berkisar usia 15-19 tahun,” tuturnya.

    Selain itu bahan kimia seperti obat-obatan atau kosmetik, infeksi bakteri, maupun faktor-faktor lain seperti trauma atau bahkan kurang tidur juga dapat menimbulkan jerawat.

    Lebih lanjut Aryo Sudrajat mengatakan, jika kulit tak beda dengan anggota tubuh lainnya seperti halnya dengan tangan maupun kaki. Kulit juga butuh istirahat dan perawatan. “Menjadi tua itu pasti, namun cantik adalah pilihan," begitulah  yang dikatakan dokter yang berasal dari Banjarmasin ini.

    Menurutnya, cara paling sederhana untuk mencegah jerawat adalah dengan mencegah komedo, misalnya dengan peeling agent, mencuci muka dengan sabun yang berbahan ringan, atau dengan gerak tubuh secara teratur. Adanya mitos makanan lemak, kacang, coklat, atau keju memang belum terbukti secara klinis. “Pada intinya pola hidup yang sehat sangat berpengaruh terhadap kulit kita,” katanya.

    Usai bincang-bincang kesehatan acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang tidak hanya tertutup seputar masalah wajah tapi juga masalah kewanitaan.
    Marketing and Communication Roemah Martha Tilaar Alona Novensa mengatakan, kegiatan kali ini mengangkat tema “Tampil Sehat, terawat dan cantik”.

    Tema utama yang dibawakan  tentang Jerawat dan Flek hitam.  Hal ini merupakan wujud bahwa RMT Gombong peduli dengan kesehatan. “Untuk  kegiatan bincang kesehatan ini juga bertumpu pada empat pilar Martha Tilaar Group yaitu Beauty Education (pendidikan) dan Empowering Women (pemberdayaan wanita),” ucapnya. Bincang sehat yang terbuka untuk umum dan diikuti sekitar 25 wanita dari Gombong dan sekitarnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top