• Berita Terkini

    Selasa, 08 November 2022

    Siswa SMK Maarif 1 Garap Video Layanan Masyarakat


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Siswa SMK Maarif 1 Kebumen menggarap Video Iklan layanan masyarat Kecamatan Klirong. Program tersebut terlaksana berkat kerjasama SMK Maarif 1 Kebumen dengan Kantor Kecamatan Klirong. 


    Dalam hal ini, terdapat tiga video yang akan dibuat. Ini meliputi video pelayanan Kecamatan Klirong kepada masyarat, Video Feature  terkiat UMKM dan video iklan layanan masyarakat terkait Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).


    Staff Wakasek 2 Bidang Humas dan Hubind SMK Ma'arif 1 Kebumen Danang Prisma Ramawan menyampaikan SMK Maarif 1 Kebumen dipercaya sebagai sekolah Pusat Ungggulan oleh Kementerian. Dalam hal ini salah satu program aktualisainya yakni siswa membuat karya. Namun demikian karya yang dibuat tidak hanya untuk dinilai di sekolah saja, melaikan juga bermanfaat untuk masyarakat.


    “Untuk itulah kami bekerjasama dengan Kantor Kecamatan Klirong. Dalam hal ini terkait pembuatan iklan layanan masyarat dan lainnya,” tuturnya, Selasa (8/11/2022).

    Video terkait layanan kecamatan salah satunya memuat layanan pembuatan KTP. Dalam hal ini pengambilan gambar juga dilakukan di Desa Tambakagung. Sedangkan untuk UMKM mengambil pabrik  tahu di Desa Jatimalang dan grabah di Desa Gebangsari. “Durasinya videonya juga bervariasi. Ada yang enam menit, tiga menit dan satu menit,” katanya.


    Kerjasama sendiri dimulai pada Awal Oktober lalu. Setelah itu dilakukan pengambilan data dan gambar. Prosesnya memakan waktu yang tidak sedikit. Dalam hal ini setidaknya melibatkan 40 siswa SMK Maarif 1 Kebumen.  Rencananya pertengahan atau akhir November semua telah selesai.


    “Selain pembuatan video dilaksanakan pula flyer digital dan banner.  Hal ini berkaitan dengan keperluan publikasi untuk Kantor Kecamatan Klirong,” ungkapnya.

    Danang Prisma Ramawan menambahkan, kegiatan yang dilakukan juga merupakan bagian dari implementasi  Kurikulum Merdeka. Dimana siswa terjun langsung dan praktik dalam pengambilan data, gambar, wawancara hingga editing. “Selain pengabdian ini juga merupakan bagian dari pembelajaran untuk para siswa,” jelasnya.

    Sementara itu Eko Purwanto SSTP MSi menyampaikan kerjasama tersebut memang dibutuhkan oleh kecamatan. Ini baik dalam publikasi maupun memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait program-program kecamatan.


    Dalam hal ini antara Kecamatan Klironng dan SMK Maarif 1 Kebumen terjadi simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan satu sama lain,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top