• Berita Terkini

    Jumat, 11 November 2022

    Pondasi Sarang Lebah Kian Diminati


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Pondasi sarang lebah kian menjadi pilihan para peternak lebah. Pasalnya dengan adanya pondasi sarang, akan lebih memacu dan mempercepat lebah dalam membangun sarang.

    Pondasi sarang lebah merupakan lembaran yang dipasang pada bingkai sarang lebah. Dalam pondasi sarang lebah telah tercetak secara timbul bentuk hexsagonal sarang lebah. Adapun bahan pondasi sarang sendiri menggunakan lilin lebah atau beeswax.


    Salah satu peternak lebah Albait Nurfaozi (32) warga RT 1 RW 1 Desa Kebulusan Pejagoan merintis usaha di masa pandemi Corona kemarin. Pondasi sarang menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh para peternak lebah. Terlebih beberapa waktu lalu di wilayah Sumatera sedang marak-maraknya budidaya lebah madu jenis Apis Miliefera.

    Hingga kini bagi sebagian peternak, pondasi sarang lebah mungkin masih sangat asing di telinga. Namun hal tersebut sudah menjadi barang yang lazim di dunia peternakan lebah. Terutama jenis Apis, baik itu Apis Cerana maupun Miliefera.


    Saat ditemui awak media, Albait menyampaikan, pondasi sarang lebah merupakan bagian dari pengembangan dalam beternak lebah. Awalnya untuk kebutuhan sendiri pihaknya selalu membeli pondasi sarang lebah. “Awalnya saya selalu beli, kemudian berpikir bagaimana kalau memproduksi sendiri. Pondasi sarang lebah kini kian menjadi pilihan para peternak,” katanya, Jumat (11/11/2022).


    Dijelaskannya, fungsi pondasi sarang lebah yakni agar sarang menjadi kuat. Sehingga sarang tidak mudah jebol saat diputar menggukaan mesin mengambil madu. “Adanya pondasi sarang, akan cepat merangsang lebah membuat sarang baru,” tuturnya.


    Bahan pondasi sarang lebah yakni lilin lebah atau yang biasa disebut dengan beeswax. Prosesnya diawali dengan mencairkan lilin lebah dengan pemanasan. Setelah lilin cair kemudian dicetak. “Beda jenis lebah tentu berbeda pula ukurannya. Artinya podasi sarang lebah Cerana dan Miliefa pun berbeda ukurannya,” paparnya.

    Albait menjelaskan permintaan pondasi lebah datang dari berbagai wilayah. Termasuk dari Sumatera dan Kalimantan. Bahkan pihaknya mengaku beberapa waktu lalu sempat mengirim koloni lebah hingga Provinsi Aceh. “Mudah-mudahan usaha ini terus berkembang,” harapnya.


    Pihaknya menambahkan, yang terpenting dalam pondasi lebah yakni ketepatan ukuran. Sebab jika ukurannya tidak sesuai lebah tidak akan mau membikin sarang. Dengan demikian pemasangan pondasi sarang menjadi sia-sia. “Untuk hal itu kami telah melakukan beberapa kali percobaan dengan lebah. Hingga akhirnya berhasil yakni lebah mau membuat sarang,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top