• Berita Terkini

    Senin, 25 Maret 2024

    Kebumen Siapkan Tiga Jalur untuk Pemudik


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Seiring dekatnya lebaran tahun 2024, Polres Kebumen terus bersiap agar acara tradisi mudik berjalang lancar. Salah satunya, Polres menggelar Operasi Ketupat Candi (OKC) pengamanan Lebaran 2024 yang bakal digelar selama 13 hari, dari tanggal 4 sampai 16 April 2024.


    "Dalam waktu dekat, akan dilaksanakan Operasi Ketupat Candi. Kami meminta Kapolsek dapat menguraikan secara detail hal yang terjadi di wilayahnya sebagai antisipasi awal," jelas AKBP Recky saat memimpin latihan, Jumat (22/3) akhir pekan lalu


    AKBP Recky menjelaskan, sasaran operasi OKC sama seperti tahun sebelumnya yaitu terciptanya Kamtibmas yang kondusif selama libur Lebaran. Namun ada beberapa yang harus menjadi perhatian sesuai dinamikan di tengah masyarakat. 

    "Melalui latihan pra operasi ini, anggota jadi mengerti apa yang ditugaskan. Setiap tahun selalu ada perubahan dinamika di tengah masyarakat. Jadi kewaspadaan kita tetap ada," pungkas Kapolres. 

    Selanjutnya Kabagops Polres Kebumen Kompol Setyoko, sesuai kalender Kamtibmas Operasi Ketupat Candi 2024 akan digelar selama 13 hari, dari tanggal 4 sampai 16 April 2024.

    Selama Operasi Ketupat Candi 2024, Polres Kebumen menyiapkan 3 jalur yang bisa digunakan untuk mudik maupun balik.  Opsi pertama, pemudik bisa melalui jalur utama atau Nasional III. Jika dari arah barat, pemudik masuk Rowokele, Gombong, Karanganyar, Sruweng, Kebumen, Kutowinangun, Prembun. 

    Namun jika jalur utama mengalami lonjakan arus, ada opsi jalur alternatif yang disiapkan. Pemudik akan dialihkan Jalan Daendles masuk Puring, Klirong, Buluspesantren, Ambal, Mirit. 

    Namun jika masih belum bisa menampung lonjakan arus mudik, Polres Kebumen mengarahkan untuk melalui jalur lintas selatan-selatan (JLSS). Pemudik disiapkan jalur Puring, Klirong, Buluspesantren, Ambal, dan Mirit. 

    Namun demikian pemudik juga bisa langsung memilih jalur yang akan dilalui sesuai efektivitas jarak tempuh dengan kota tujuan mudik. "Kita tempatkan juga personel dan sejumlah Pos untuk membantu para pemudik. Kita standbykan selama OKC berlangsung," ungkap Kompol Setyoko. 

    Selanjutnya Kasat Lantas Polres AKP Koyim Maturrohman saat mensimulasikan rekayasa lalu-lintas melalui tactical floor game, perlintasan kereta api Karanganyar menjadi salah satu titik rawan macet saat mudik lebaran.  Namun pemudik tidak perlu khawatir, karena akan diarahkan melalui simpang tiga pasar Karanganyar lalu masuk jalan Ahmad Yani, selanjutnya masuk ke simpang tiga Jeruk Gulung dan kembali diarahkan ke jalur utama.



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top