• Berita Terkini

    Selasa, 06 Juni 2023

    Jokowi Dijadwalkan Awali Panen Raya Udang Vaname di Kebumen

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengaku mengapresiasi Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) Desa Tegalretno, Kecamatan Petanahan, Kebumen. Sejak diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, 9 Maret 2023 lalu, BUBK berjalan dengan baik


    Hal itu disampaikan saat hadir pada  panen raya secara parsial di BUBK Desa Tegalretno, Kecamatan Petanahan, Selasa (6/6). Ini menjadi panen parsial kedua di BUBK Kebumen setelah sebelumnya kawasan tambak undang modern ini diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi Maret lalu



    Wahyu menyatakan, panen parsial dilakukan agar perkembangan udang bisa tumbuh dengan baik. Karenanya setiap kolam dalam panen parsial ini dikurangi sekitar 20 sampai 25 persen dari populasi. Total panen kedua ini sebanyak 14 ton, dengan size 50 ekor per satu kilo.



    "Untuk panen pertama itu di size 70, sakarang size 50 sebanyak 14 ton. Ini terus kita kurangi agar perkembangan udang bisa tumbuh lebih baik sampai dengan size 20 sampai 30 untuk per kilonya," ujar Wahyu di lokasi.


    Menurut Menteri KKP, panen raya besar akan dilakukan pada bulan ini sekitar tanggal 20 sampai 24 Juni, rencananya juga bakal dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo bersama para menteri yang lain. "Ini dalam rangka persiapan panen raya yang Insya Alllah akan dihadiri Bapak Presiden pada 20 Juni bulan ini," ucapnya.


    BUBK Kebumen ini berdiri di atas lahan 60 hektar milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen, dengan 149 kolam. Wahyu menyatakan dengan sistem budidaya yang modern, dalam satu hektarnya BUBK bisa menghasilkan udang jenis vaname ini sebanyak 40 ton.

    "Kita juga tengah menyiapkan lahan lagi sebanyak 40 hektar di sisi timur untuk pembangunan BUBK. Karena total kawasan tambak udang ini 100 hektar, baru kita bangun 60 hektar, proses pembangunan masih berlangsung," ucapnya.


    Dengan adanya BUBK ini, Wahyu berharap ini bisa menjadi komoditas strategis yang bisa menjadi andalan negara ini. Karena Indonesia salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. "Nah Kebumen ini kita jadikan percontohan nasional untuk budidaya udang modern," ucapnya.


    Sementara itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang  mendampingi Menteri KKP menyatakan, yang terpenting dari adanya BUBK ini adalah bisa menjadi pusat studi atau riset bagi siapa saja yang ingin belajar mengembangkan budidaya udang secara modern, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.



    "Ini sudah pada mulai tertarik untuk belajar, kemarin ada dari Kabupaten Sukamara datang ke sini, kemudian dari Sulawesi juga datang ke sini untuk belajar bagaimana caranya budidaya udang secara modern," terangnya.



    Dengan adanya BUBK ini kata Bupati juga secara langsung memberikan dampak positif dari masyarakat. Sebab, 90 persen tenaga kerjanya merupakan penduduk lokal yang sudah dilatih pengelolaan udang di Jepara oleh pihak KKP.



    Tidak hanya itu BUBK juga akan menambah PAD. "Di Kebumen ini masih ada tambak udang yang dikelola warga. Kalau ditotal pendapatan daerah hanya Rp400 juta, tapi dengan BUBK ini pemasukan PAD kita nantinya bisa naik capai Rp7 miliar. Jadi Ini merupakan kerja sama yang baik antara Pemda dengan Pemerintah Pusat." ujarnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top