• Berita Terkini

    Selasa, 06 Juni 2023

    KPU Pastikan Tahapan Pemilu Sesuai Jadwal di Kebumen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- KPU Kebumen memastikan seluruh tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dapat berjalan sesuai dengan rencana. Saat ini, KPU tengah melakukan Verifikasi Administrasi untuk para Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg). 


    “Tahapan selanjutnya yakni perbaikan Verifikasi Administrasi Perbaikan Dokumen Persyaratan Bakal Calon Paragraf 1 Perbaikan Administrasi. Artinya jika persyaratan administrasi Bakal Calon dinyatakan belum benar, Partai Politik Peserta Pemilu dapat melakukan perbaikan terhadap dokumen persyaratan administrasi Bakal Calon,” tutur Ketua KPU Kebumen Yulianto Mkom melalui Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraa Danang Munandar SE, Senin (5/6/2023).


    Danang Munandar menegaskan, sampai saat ini seluruh tahapan masih berjalan lancar. Ia pun berharap, seluruh tahapan berikutnya dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pusat.


    Adapun tahapan selanjutnya usai Verifikasi Administrasi, dilaksanakan Penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS). Dimana KPU menyusun rancangan DCS berdasarkan berita acara hasil akhir Verifikasi Administrasi dokumen persyaratan Bakal Calon. “Tahapan selanjutnya, KPU akan menyusun rancangan Daftar Calon Tetap,”  paparnya.



    Secara umum Danang juga menjelaskan masa Pencalonan DPR dan DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten kota dilaksanakan pada 24 April hingga 25 November 2023 mendatang. Sedangkan untuk Presiden dan Wakil Presiden dilaksanakan pada 19 Oktober hingga 25 November 2023 mendatang.


    “Masa Kampanye Pemilu akan dilaksanakan pada 28 November hingga 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang. Adapun masa tenang yakni 11 hingga 13 Februari 2024. Pemunggutan Suara akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024,” ungkapnya.


    Setelah itu tahapan selanjutnya yakni perhitungan suara yang akan dilaksanakan pada 14 hingga 15 Februari 2024. Rekapiltulasi hasil perhitungan dilaksanakan 15 Februari hingga 20 Maret 2024. “Tahapan selanjutnya yakni Penetapan Hasil Pemilu. Kemudian dilaksanakan Pengucapan Sumpah Janji,” ucapnya. 


    Di bagian lain,  Ketua RMI Kebumen Gus Fachrudin Ahmad Nawawi, mengajak masyarakat dapat berperan serta aktif dalam Pemilu. 


    Pemilu, ujarnya,  merupakan ajang untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat. Ajang tersebut menjadi waktu yang tepat untuk memilih pemimpin yang ideal. Pasalnya hasil pemilihan akan berpengaruh kepada keberlangsungan nasib suatu bangsa selama lima tahun mendatang.


    “Ini adalah waktu yang tepat untuk memilih pemimpin. Secara daerah ini juga waktu yang tepat untuk memilih Wakil Rakyat. Pada pemiliu rakyat akan memilih wakilnya yang akan duduk di kursi DPR, DPRD dan DPD,” tutur pria yang akrab disapa Gus Fachrudin itu, Senin (5/6).


    Pemimpin yang ideal tentunya sangat penting dan sangat dibutuhkan. Untuk itu rakyat harus benar-benar selektif saat menjatuhkan pilihan. Jangan sampai salah dalam memilih. Sebab mereka yang terpilh yang akan menduduki kursi kepemimpinan untuk lima tahun mendatang.

    “Ini sangat penting untuk digarisbawahi. Piliihlah pemimpin yang berkarakter bagus. Sehingga dapat memajukan Kebumen dan mensejahterakan masyarakat. Dalam hal ini semua di tangan rakyat. Rakyat yang akan menentukan wakil mereka sendiri,” katanya.

    Secara garis besar, lanjut Gus Fachrudin, terdapat empat syarat seseorang untuk menjadi pemimpin. Pertama yakni akidah yang lurus. Kedua mempunyai wawasan yang luas. Akidah berkait erat dengan karakter dan kejujuran. Pemimpin yang memiliki kejujuran yang tinggi tentunya tidak akan berbuat zalim.

    “Namun kejujuran tanpa kompetensi tentunya juga akan sulit dalam memajukan suatu daerah. Dalam hal ini sangat penting seorang pemimpin memiliki wawasan luas. Dengan wawasan tersebut pemimpin akan mampu mencari peluang dan mengembangkan potensi yang ada,” jelasnya.

    Selanjutnya yakni mempunyai dedikasi mengabdi kepada masyarakat. Pemimpin harus siap melayani masyarakat. Tanpa sebuah dedikasi, seorang pemimpin akan lebih mementingkan kepentingan pribadi dari pada kepentingan masyarakat.

    “Syarat lainnya yakni adil, amanah dan kuat. Amanah merupakan hal yang sangat penting dalam diri seorang pemimpin. Sebab setiap kepemimpinan pasti akan dimintai pertanggungjawaban. Kepada masyarakat marilah kita sambut Pemilu dengan baik, dan pilihlah pemimpin yang benar,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top