• Berita Terkini

    Rabu, 15 Maret 2023

    Ratusan Siswa Madrasah Diajak Berlatih Manasik Haji


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Kelompok Kerja Kepala Sekolah Madrasah (K3SM) Muhammadiyah Kebumen menggelat Peragaan Manasik Haji tingkat SMP dan MTs Muhammadiyah se Kebumen, Rabu (15/3/2023) di Lapangan Legok Pejagoan. 


    Kegiatan tersebut rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah Madrasah Muhammadiyah Kebumen. Adapun manasik kali ini merupakan yang ke sembilan kalinya. 


    Adapun tujuannya adalah untuk memenuhi Standar Kompetensi Lulusan bagi siswa Muhammadiyah yakni mampu mempraktikan peragaan Manasik Ibadah Haji dengan baik dan benar. Kegiatan juga diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi antar Sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen. 


    Hadir pada acara tersebut Camat Pejagoan yang diwakili oleh Sekretaris Camat Basori yang sekaligus membuka acara tersebut. Hadir juga Sekretaris PDM Kebumen Mul’an Anafaty MPsi mewakili Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kebumen.


    Hadir pula kesempatan itu Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama Kabupaten Kebumen Mulyono MAg serta Pengawas PAI SMP Srigunawan Sulyantoro MSi. Acara juga dihadiri oleh kepala Bidang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga Kebumen Martiono SPd MPd.


    Dalam sambutannya Mul’an Anafaty menyampaikan peragaan manasik haji tersebut sebagai ajang belajar praktik siswa. Siapa tahu kelak di kemudian hari, para peserta didik yang mengikui manasik haji hari ini, dapat menjalankan Ibadah Haji yang sesungguhnya di Makkah Mukarromah. “Semoga kita semua dapat menjalankan Ibadah Haji,” tuturnya.


    Kabid Pendidikan SMP Martiono berpesan agar ajang manasik bisa terus dilanjutkan. Karena pendidikan sekarang butuh kolaborasi bersama dan integrasi dengan segala aspek bidang dan kegiatan.


    “Jika Sekolah Muhammadiyah di Kebumen telah melakukan kolaborasi antar sekolah, maka tidak hanya kegiatan manasik saja, namun kegiatan-kegiatan lain dapat dikolaborasikan sehingga pendidikan yang efektif dan efisien akan terwujud,” ungkapnya.


    Ketua K3SM kabupaten Kebumen Imam Romzan Fauzi MPd dalam sambutan menyampaikan peserta Peragaan Manasik haji diikuti oleh 715 peserta didik. Ini terdiri dari 10 SMP dan 2 MTs Muhammadiyah. 


    Ini meliputi SMP Muhammadiyah Kutowinangun, SMP Muhammadiyah 1 Kebumen, SMP Muhammadiyah 2 Kebumen, SMP MIBS Kebumen, SMP Muhammadiyah Sadang dan SMP Muhammadiyah 1 Gombong. 

    Selain itu juga SMP Muhammadiyah Sempor, SMP Muhammadiyah Ayah, SMP Muhammadiyah Rowokele, MTs Muhammadiyah Al Kautsar Sruweng dan MTs Muhamadiyah Argosari Ayah. 

    “Kegiatan ini dikoordinir oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI atau Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) SMP/MTs Kabupaten Kebumen bekerja sama dengan Kelompok Ibadah Haji (KBIH) ‘Aisyiyah Kabupaten Kebumen yang sekaligus sebagai Tim Penilai,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top