• Berita Terkini

    Rabu, 15 Maret 2023

    Personel Polres Kebumen Jalani Ujian Kesegaran Jasmani


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Para personel Polres Kebumen kembali menjalani  Ujian Kesamaptaan Jasmani (Samjas). Ujian kebugaran bagi para polisi ini digelar di Stadion Candradimuka Kebumen dan berlangsung selama tiga hari, Kamis- Sabtu (15-17/3/2023)



    Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin yang membuka kegiatan tersebut, Kamis (15/3), menyampaikan Samjas masuk ke dalam penilaian program 13 komponen dari SDM Polri. Jadi, Kapolres meminta para personelnya menjalaninya dengan sungguh-sungguh. "Laksanakan ujian ini dengan sungguh-sungguh," tegas AKBP Burhanuddin. 


    Di bagian lain, Kasi Humas Polres AKP Heru Sanyoto menambahkan, Ujian Samjas yang dilakukan 6 bulan sekali itu wajib diikuti seluruh personel Polres Kebumen, termasuk seluruh ASN Polres Kebumen. Tujuan kegiatan, ujar dia, untuk mengukur tingkat kebugaran masing-masing personel.


    "Dari Ujian Samjas itu pula, akan diketahui kesiapan stamina serta sekaligus untuk memelihara kesehatan, agar selalu siap menjalankan tugas kepolisian," kata Kasihumas AKP Heru. 


    Hasil penilaian Ujian Samjas selanjutnya akan dilaporkan ke Polda Jateng.

    Pentingnya mengikuti penilaian Ujian Samjas dan masuk ke dalam Program 13 menjadi salah satu syarat personel untuk bisa mengikuti pendidikan pengembangan umum Polri, ataupun ASN Polri, termasuk persyaratan pengusulan kenaikan pangkat serta pendidikan lanjutan bagi ASN Polri. 

    Sebelum mengikuti Ujian Samjas, para personel dicek kesehatannya terlebih dahulu, selanjutnya mengikuti rangkaian test diantaranya lari 12 menit, push up, pull up, sit up, dan shuttle run. "Jika pada awal pengecekan kesehatan didapati kesehatan personel kurang fit, Ujian Samjas baru bisa diikuti pada hari selanjutnya saat kondisi kesehatan telah kembali normal,"katanya. 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top