• Berita Terkini

    Kamis, 11 Agustus 2022

    Lomba Siskamling Meriahkan Pitulasan di Desa Gemeksekti


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Dalam rangka Memperingati HUT RI ke 77 ini, Desa Gemeksekti Kebumen menggelar lomba Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Ini dilaksanakan dengan penilaian kegiatan dan kelengkapan pada pos ronda masing-masing RT di desa tersebut.


    Penilaian dilaksaakan selama empat hari dimulai pada 10 Agustus 2022. Bukan dari desa, penilaian dilaksanakan oleh tim dari Forkompincam Kebumen. dari 29 RT yang ada di Desa Gemeksekti, 18 diantaranya menjadi peserta lomba siskamling.


    Penilain dijuga dihadiri oleh Kades Gemeksekti Suramin, Camat Kebumen Suis Idawati dan Kapolsek Kebumen AKP Joko Maryono, Rabu (10/8) malam. Lomba tersebut disambut antusias oleh warga Desa Gemeksekti Kebumen.


    Kepala Desa Gemeksekti Suramin menyampaikan di Gemeksekti terdapat 29 RT dalam 4 RW. Tidak semua RT mengikuti perlombaan yang digelar oleh Pemerintah Desa Gemeksekti tersebut. “Dari 29 RT dalam 4 RW yang mengikuti lomba yakni 18 RT dalam 4 RW,” tuturnya.


    Lomba dilaksanakan untuk Memperingati HUT RI ke 77. Dengan adanya lomba masyarakat diharapkan antusias dalam menjalankan siskamling. Sehingga keamanan dan ketentraman serta kenyamanan masyarakat dapat tercipta dengan baik. 


    “Siskamling merupakan tempat untuk menjaga keamanan dan tempat berkumpul masyarakat. Ini juga sebagai ajang silaturahmi antar masyarakat,” katanya.

    Saat ada lomba, lanjut Suramin, masyarakat tentunya akan berlomba-lomba menyiapkan semuanya dengan baik agar menjadi yang terbaik. Kades Suramin berharap apa yang sudah baik tersebut, terus diteruskan dan jangan hanya berhenti hanya saat lomba saja.


    “Pemdes telah menyiapkan banyak hadiah. Juara 1 sampai 4 akan mendapatkan Televisi LED 21 inchi. Selain itu semua peserta juga mendapatkan hadiah. Selain TV, beragam hadiah lainnya diantaranya speaker aktif, teremos listrik, senter dan lainnya,” ungkapnya.


    Adapun beberapa penilaian kelengkapan meliputi, papan nama, struktur poskamling, jadwal tugas, daftar nama petugas, buku mutasi, buku tamu, buku kejadian, letak poskamling, kondisi bangunan, tahun berdiri dan keaktifan.


    Selain itu perlengkapan lainnya yakni kentongan, pentungan, serter, lampu penerangan, borgol/tali pengikat, kotak P3K, ban kamling, alat pemadam, jam dinding, jas hujan atau payung pengeras suara, peta dan alat komunikasi.

    Sementara itu Camat Kebumen Suis Idawati mengapresiasi adanya lomba tersebut. Dalam kesempatan itu pihaknya juga melakukan sosialisasi warga terkait pentingnya kebun pangan. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top