• Berita Terkini

    Rabu, 20 Juli 2022

    Kontingen MTQ ke XXIX Tingkat Provinsi Dilepas


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Kabupaten Kebumen ikut ambil bagian dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an  (MTQ) ke XXIX Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan pada 22 sampai 25 Juli 2022 di Kota Semarang


    Untuk menghadapi even ini, Kebumen mengirimkan Kafilah sebanyak 55 orang yang terdiri dari 42 Kafilah, 5 Pelatih serta 5 Pendamping. Kafilah atau kontingen Kebumen ini dilepas  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Pendopo Kabumian, Rabu (20/7/2022).


    Bupati Arif menyampaikan selamat kepada seluruh peserta yang dipilih mewakili pemerintah untuk ikut dalam lomba MTQ tingkat provinsi. Ini merupakan pengalaman yang luar biasa, karena tak semua orang mendapat kesempatan yang sama. "Gunakan kesempatan ini untuk mengukir prestasi, kalian adalah orang pilihan untuk bisa membawa nama baik Kebumen, maka ikutlah kegiatan ini dengan baik, maksimal dan sportif," jelasnya.

    Bupati bahkan siap memberikan hadiah bagi mereka yang mampu tampil menjadi juara 1,2 dan 3 dalam ajang MTQ ini. "Bagi yang mampu mendapat juara 1,2 dan 3, hadiahnya nanti dari Bupati," tegasnya.

    Kafilah Kabupaten Kebumen adalah para pemenang terbaik di MTQ Kabupaten  Kebumen Tahun 2022 dan Hasil Seleksi Terbatas Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kebumen. Ada beberapa cabang yang akan diikuti oleh peserta, yakni Cabang Seni Baca Al Qur’an ( 5 Golongan), terdiri dari Tartil Al Qur’an Putri, Tilawah Anak-Anak Putra dan Putri,  Tilawah Remaja Putra dan Putri, Tilawah Dewasa Putra dan Putri, dan Tilawah Tuna Netra Putra.

    Kemudian Cabang Qiro’at Al Qur’an ( 3 Golongan), terdiri dari Qiro’at Al Qur’an Mujawwad Dewasa Putra dan Putri, Qiro’at Al Qur’an Murottal Dewasa Putra dan Putri, dan Qiro’at Al Qur’an Murottal Remaja Putra dan Putri.


    Ada juga cabang hafalan Al Qur’an (4 Golongan) terdiri dari tahfid 1 juz dan tilawah putra dan putri, tahfid 5 juz dan tilawah putra dan putri, tahfid 10 juz putra dan putri, dan tahfid 20 juz putra.


    Cabang Fahm Al Qur’an, dari cabang inj, Fahmil Al Qur’an 1 regu Putra dan Putri. Lalu cabang Syarhil Qur’an, dari Syarhil Al Qur’an 1 regu Putra dan Putri. Ada juga cabang Seni Kaligrafi terdiri dari naskah putra dan putri, hiasan mushaf putra dan putri, dekorasi putra dan putri kontemporer putra dan putri.

    Terakhir cabang karya tulis ilmiah Al Qur’an mahasiswa, terdiri dari karya tulis ilmiah Al Qur’an mahasiswa putra.


    Sementara itu, Ketua Kafilah Kabupaten Kebumen, Salim Wasdy mengatakan, pihaknya optimistis peserta dari kebumen mendapatkan juara, bahkan di targetkan kontingan kebumen menenangkan 17 kejuaraan dari 19 subsektor dengan bekal dan pendampingan yang sudah maksimal. "Untuk lolos di tingkat Jawa Tengah, kita targetkan minimal 7 dan maksimal 17 kejuaraan," ujarnya.


    Kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXIX Tingkat Provinsi Jawa Tengah ini dibiayai dengan anggaran Dipa Kemenag  dan anggaran Bagian Kesra Pemkab Kebumen, serta peserta yang dikirimkan hasil dari pembinaan non formal secara intens  yang di seleksi sejak April 2022.   "Ini yang diberangkatkan hasil juara di tingkat Kabupaten Kebumen, kami optimistis untuk meraih juara," katanya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top