• Berita Terkini

    Kamis, 12 Mei 2022

    Iksak dan Himasal bersama LIM Gelar Halal Bihalal


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Untuk mempererat tali persaudaraan para santri dan Alumni Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, yang tergabung dalam wadah Lembaga Ittihadul Mubalighin (LIM) menggelar Halal Bihalal. Kegiatan ini merupakan puncak dari safari Ramadhan, sebagai bentuk  kontribusi santri ditengah masyarakat.

     

    Halal Bihalal sendiri digelar di Desa Karangrejo Petanahan, Rabu (11/5/2022). Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Himasal Kebumen Kyai Masyhuri Ma'ruf Ketua LIM Kebumen Kyai Mahrus Fauzi, pemerintah Desa  dan tokoh agama dan masyarakat desa setempat. 


    Ketua Himasal Kebumen melalui Ketua 1 Gus Fachrudin Achmad Annawawi mengatakan kegiatan tersebut merupakan, puncak dari safari Ramadhan. Dimana LIM mendelegasikan santri santri yang masih aktif di Pondok Pesantren Lirboyo untuk mengadakan safari selama Bulan Ramadhan. 


    "Kegiatan itu adalah rangkaian, puncak dari awal Bulan Suci Ramadhan yang mana lembaga Ijthihadul Mujtahiddin atau LIM Kebumen mendelegasikan santri santri yang masih aktif, di Pondok Pesantren Lirboyo itu mengadakan safari Ramadhan di Desa Karangrejo Petanahan,” terangnya. 


    Dikatakan, kegiatan Safari Ramadhan yang dilakukan oleh para santri ini cukup disambut baik oleh masyarakat Desa Karangrejo. Tentunya diharapakan ilmu yang telah diberikan oleh para santri selama Safari Ramadhan dapat bermanfaat bagi masyarakat.


    Gus Fachrudin menegaskan, Puasan Ramadan merupakan kewajiban bagi Umat Muslim. Ini merupakan bagian dari hubungan antara manusia dan Alloh atau yang sering disebut Hablum Minallah. Sedangkan halal Bihalal merupakan hubungan antara manusia dan manusia atau sering disebut dengan Hablum Minannas. “Dalam hal ini manusia harus menjaga keseimbangan antara keduanya yakni Hablum Minallah dan Hablum Minannas,” paparnya.


    Halal Bihalal bertujuan untuk saling memaafkan satu sama lain. Dalam hal ini tentunya setiap manusia mempunyai kesalahan baik yang disengaja atau tidak. Halal Bihalal juga bagian dari kegiatan bersilaturahmi yang memang disarankan dalam Islam.

    Selain itu adanya pengajian dalam Halal Bihalal juga menjadi bagian untuk memperdalam ilmu agama.  Dalam Islam sendiri mencari ilmu itu wajib hukumnya. “Itu merupakan hal-hal yang penting dalam hikmah Halal Bihalal,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top