• Berita Terkini

    Kamis, 12 Mei 2022

    Giritirto Jadi Sasaran TMMD Tahap 1 Tahun 2022


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap 1 resmi dibuka. Kali ini pembangunan yang disasar adalah Desa Giritirto Karanggayam, Rabu (11//2022).


    TMMD Tahap 1 Tahun 2022 dengan mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” dibuka oleh Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH di Pendopo Kabumian. Hadir dalam kesempatan tersebut Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri, Sekda Kabupaten Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono, Kajari Kebumen Drs Fajar Sukristyawan SH MH dan juga tokoh masyarakat Desa Giritirto. 


    TMMD melibatkan 155 personel. Adapun pelaksananaannya melibatkan unsur TNI, Polri, Pemda serta para warga Desa Giritirto. Sementara itu anggaran menggunakan APBD Provinsi, APBD Kabupaten dan APBDES. 


    TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh Kodim 0709 Kebumen. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Ini melalui pembangunan di bidang fisik dan non fisik.


    TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2022 dilaksanakan selama 1 bulan. Ini terhitung mulai tanggal 11 Mei hingga 9 Juni 2022. Sasarannya meliputi Pembuatan Rabat Beton , Pemasangan gorong-gorong dan rehab rumah layak huni. 


    Dalam sambutannya Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto mengatakan sangat mengapresiasi setinggi-tingginya. Dimana kegiatan tersebut sebagai bentuk kemanunggalan TNI dan Rakyat. Selain itu juga sinergitas antara TNI dan Pemerintah. Dengan harapan dapat mendongkrak kemajuan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

    Adanya TMMD maka pembangunan di wilayah Karanggayam semakin merata. Dengan begitu perekonomian masyarakat dapat berjalan lancar, dikarenakan jalan juga merupakan pendidikan dan kesehatan masyarakat. 


    “Ini adalah dalam rangka upaya memperlancar fasilitas ekonomi warga terutama kondisi jalan yang layak sebagai sarana penunjang kegiatan ekonomi masyarakat, pendidikan, kesehatan dan lainya,” tuturnya. 


    Sementara itu Dandim/0709 Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri mengatakan selain sebagai pembangunan dan pemberdayaan wilayah, TMMD merupakan upanya untuk meningkatkan interaksi, kontribusi dan kebersamaan antara masyarakat dan Satuan Kodim 0709/Kebumen. Ini dalam rangka mengoptimalkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Sehingga bisa terwujud kondisi wilayah yang kondusig untuk meningkatkan ketahanan nasional.


    “Selain pembangunan dan pemberdayaan wilayah kami memandang bahwa TMMD ini secara strategis adalah dalam upaya meningkatnya interaksi, kontribusi dan kebersamaan antara masyarakat dan Satuan Kodim 0709/Kebumen. Ini dalam rangka mengoptimalkan Kemanunggalan TNI-Rakyat, sehingga terwujudnya kondisi lingkungan dan wilayah yang memiliki ketahanan wilayah yang kondusif dalam rangka meningkatkan Ketahanan Nasional,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top