• Berita Terkini

    Jumat, 06 Mei 2022

    H+5, Jalur Kebumen Padat Merayap,Pemudik Diarahkan ke Jalur Selatan

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Arus Lalu lintas arus balik di Kebumen, Jumat (6/5/2022) padat merayap menuju Barat. Ini terjadi hampir di setiap persimpangan jalan. ini baik simpang tiga, perempatan maupun simpang lima. Beberapa kendaraan tanpak berjalan  pelan dan mengular hingga ratusan meter.


    Tingginya intensitas kendaraan yang hendak menuju arah Jakarta terlihat memadati jalan utama Kebumen. Mulai dari persimpangan rel kereta api dan Pasar Kutowinangun, Pertigaan Kedung Bener, Simpang Empat Muktisari dan Sokka Baru hingga Simpang Lima Kebulusan Pejagoan hingga sesekali mengular dari jalur Sruweng, Karanganyar dan Gombong.


    Meski tidak sempat terjadi kemacetan namun kendaraan tidak dapat berjalan cepat. Ini terjadi pada arus yang menuju ke Barat. Adapun arus menuju ke Timur tampak lebih lengang. Meski demikian di beberapa persimpangan jalan juga terjadi penumpukan kendaraan.


    Pantauan koran ini, Disperkimhub Kabupaten Kebumen bersama Satlantas Polres Kebumen melakukan rekayasa lalu-lintas buka tutup di antara persimpangan juga diberlakukan hingga menerjunkan puluhan personil dari sejumlah Pos Pam dan Sub Pos Pam untuk mengurai kemacetan.

    Salah satu pengendaran Anto (36) menyampaikan pihaknya baru saja bepergian dari tempat wisata. Ini dilaksanakan setelah mengunjungi saudara. Arus padat merayap baginya justru menjadi kesan tersendiri. “Inilah hari raya. Inilah lebaran. Kalau sepi dan tidak ramai, tidak banyak kendaraan justru terasa kurang berkesan,” ungkapnya.

    Pihaknya juga apreasiasi terhadap petugas dari Kepolisian dan Dinas Perhubungan. Mereka tampak bekerja tanpa lelah mengatur jalannya lalu lintas. Sehingga tidak sempat terjadi kemacetan yang berkepanjangan. “Saya kira ini sangat wajar. Arus lalu lintas padat merayap, namun tidak sempat terjadi kemacetan,” jelasnya.

    Beberapa persipangan jalan juga dipasang pengalihan arus. Sehingga penumpukan kendaran tidak terjadi tepat dipersimpangan jalan. 

    Sementara itu Team Patroli Disperkimhub Kebumen Nurkholis mengatakan jumlah kendaraan yang melintasi posko mudik Buluspesantren mencapai 530 kendaraan setiap jamnya, baik kendaraan roda dua maupun roda 4. Petugas membuat pembatas jalan dan melakukan buka tutup arus lalu lintas. 

    Terpisah, Kapolres Kebumen, AKBP Peter Yannotama melalui Kasat Lantas Polres Kebumen, Iptu Tejo Suwono mengatakan, kendaraan arus balik menuju jakarta melalui jalur kebumen sejak H+3 mengalami lonjakan kepadatan arus. Kepadatan arus balik ini diprediksi puncaknya pada Sabtu-Minggu (7-8 Mei 2022) besok.


    "Sudah mulai ada lonjakan kepadatan arus, kita kerahkan semua petugas lalu lintas dari pos terpadu, pos pelayanan, pos pam, mulai dari Prembun hingga Rowokele dan ditambah Sub Pos Pam di persimpangan untuk melakukan pengamanan dan penguraian kepadatan lalu lintas, kita arahkan melalui jalur selatan-selatan," katanya kepada Ekspres via sambungan telefon, Jumat (6/5/2022) malam.


    Kepala Disperkimhub Kebumen Slamet Mustolkhah melalui Kepala bidang lalu Lintas dan Angkutan, Mugiyo mengatakan untuk mengurai kepadatan arus balik di jalur utama kebumen, pihaknya telah menyiapkan sejumlah petunjuk jalan alternatif mencegah kepadatan kendaraan. Diantaranya plang petunjuk arah dan pemasangan pembatas jalan persimpangan yang rawan terjadi kepadatan. "Kita sudah pasang petunjuk arah untuk jalur alternatif, juga memasang pembatas jalan untuk pengamanan di beberapa persimpangan dan trafight light," katanya.


    Selain itu, Disperkimhub Kabupaten Kebumen juga menerjunkan seluruh personilnya dengan sistem piket untuk membantu pengamanan arus balik membantu petugas kepolisian dalam mengurangi kepadatan.

    "Kita siagakan petugas di beberapa posko bersama kepolisian untuk mengurai kepadatan arus balik," kata Mugiyo. Selain itu, bagi warga masyarakat yang hendak melakukan perjalanan balik dihimbau untuk mengecek kendaraan sebelum berangkat, Mulai dari rem, oli, surat-surat kendaran, kesehatan, dan dihimbau untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan protokol kesehatan Covid-19. (fur/mam)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top