• Berita Terkini

    Minggu, 24 April 2022

    Patungan, Petugas Rutan Bagikan Tajilan kepada Warga


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Para petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kebumen menjadikan momentum Ramadhan untuk berlomba melakukan kebajikan. Seperti terlihat belum lama ini, mereka secara sukarela bersedekah untuk membeli takjil selanjutnya dibagikan kepada pengguna jalan.


    “Sumbangan spontan dari temen-temen ada 25 orang. Terserah mau kasih berapa ternyata antusias,” ucap Kepala Rutan Kelas II B Kebumen, Halasson Sinaga, disela pembagian takjil, Kamis (21/4/2022)


    Takjil yang tersedia itu berisi bermacam-macam seperti es buah, es campur, lauk pauk dan makanan ringan. Selain pengguna jalan didominasi pengendara bermotor pembagian takjil juga menyasar para tukang becak, sopir hingga pedagang asongan.


    “Buat masyarakat umum tidak memandang siapa yang datang kita kasih. Masyarakat juga tertib gantian ambil takjilnya,” kata Sinaga didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan, Ahmad Baehaqi.

    Tak butuh waktu lama bungkusan itu disambut pengguna jalan yang melintas. Para pengguna jalan yang menghentikan laju kendaraan kebanyakan mau menerima pemberian takjil tersebut untuk berbuka puasa. Namun tak sedikit pula yang menolak secara halus karena tampak terlihat terburu-buru meneruskan perjalanan.

    “Bersyukur ya, di bulan yang penuh rahmat ini kita masih bisa berbuat untuk sesama. Semoga bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.


    Kurang dari satu jam sekitar seribu takjil yang tersedia ludes dibagikan. Aksi sosial ini merupakan agenda rutin petugas rutan setiap kali datang bulang Ramadhan. Selain takjil, petugas juga membagikan paket sembako kepada warga kurang mampu yang berada di sekitar rutan.


    “Kita juga bagi-bagi paket sembako sekedar untuk membantu warga yang ada di belakang rutan. Langkah kecil ini semoga sedikit membantu,” lanjutnya.

    Selama pembagian takjil animo masyarakat terbilang bagus. Bahkan ada sebagian pengguna jalan tidak kebagian karena takjil yang disediakan sudah habis. Pembagian takjil tersebut berjalan lancar hingga kegiatan usai.


    Seorang warga Yulianti mengaku senang menerima takjil dari petugas rutan. Menurutnya kegiatan itu sangat dinanti masyarakat ketika jalan sore sembari menunggu berbuka puasa. Alhamdulillah seneng banget dapet takjil bisa buat awalan buka puasa. Terimakasih kepada Pak Sipir sudah mau bagi-bagi takjil,” terangnya. (fur


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top