• Berita Terkini

    Rabu, 09 Februari 2022

    Cegah DBD, Petugas Periksa Rumah Warga Kelurahan Kebumen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hingga saat ini, penyakit demam berdarah dengue atau dengue (DBD) masih menjadi ancaman yang tak bisa diabaikan. Terlebih dengan cuaca saat ini dimana hujan masih kerap turun.



    Memastikan warga terbebas dari penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aegyti tersebut, Polsek Kebumen,  menggelar kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di RW 5, Kelurahan/ Kecamatan/Kabupaten Kebumen, Minggu (6/2/2022).



    Kanit Binmas Polsek Kebumen Aipda Kurnia bersama Forum Kesehatan Kelurahan Kebumen, Puskesmas Kebumen 3, melakukan pengecekan ke rumah-rumah warga memastikan tidak ada jentik nyamuk yang bersarang.


    Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres AKP Tugiman mengungkapkan, PSN dilakukan sebagai langkah dini pengendalian sarang nyamuk mulai dari lingkungan terkecil (rumah warga). "Petugas masuk mengecek langsung kebersihan rumah. Mengecek ke sejumlah penampungan air apakah ada jentik nyamuk," jelas AKP Tugiman.



    Dari 340 rumah warga yang dilakukan pengecekan, 29 rumah terdapat sarang jentik nyamuk dan berpotensi membawa penyakit DBD. Oleh petugas PSN, rumah warga yang terdapat jentik nyamuk langsung diberikan edukasi untuk melakukan gerak 3M Plus.



    Rumah warga yang ditemukan jentik nyamuk selanjutnya didata dan akan dicek secara berkala oleh tim selama beberapa hari kedepan. "Saat ini masyarakat harus kompak melakukan PSN dengan menerapkan gerakan 3M Plus," katanya.



    Gerakan 3M Plus yakni menguras, membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampungan air lemari es dan lain-lain. Kemudian lanjut AKP Tugiman, warga diimbau menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya. 



    Mendaur ulang atau memanfaatkan kembali barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang dapat menularkan demam berdarah. Plusnya yaitu kegiatan pencegahan DBD lainnya, seperti menaburkan bubuk larvasida (bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.(win/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top