• Berita Terkini

    Rabu, 04 Agustus 2021

    Warga Bisa Daftar Vaksin Covid Via Website Corona Kebumen


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Pemkab Kebumen melalui Bupati Arif Sugiyanto, terus berupaya keras untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat di semua sektor. Tak terkecuali, bagi pelayanan warga masyarakat yang hendak  melaksanakan vaksinasi Covid19. 



    Terbaru, Bupati Kebumen akan memberi kemudahan masyarakat mendapatkan vaksin hanya dengan mendaftar lewat Website Corona Kebumen. Nantinya, warga Kota Beriman dapat mendaftar vaksinasi secara online sekaligus mendapat jadwal vaksinasi.


    Hal itu diungkapkan oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto SH dan Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih saat memaparkan informasi program layanan vaksinasi melalui layanan Website Corona Kebumen di ruang kerja bupati Gedung F kompleks Setda Kabupaten Kebumen, Rabu (4/8/2021)

    Bupati  Arif Sugiyanto mengungkapkan, kemudahan pendaftaran vaksinasi melalui website Corona Kebumen itu khusus untuk warga Kabupaten Kebumen yang memiliki KTP Kebumen. 


    Program tersebut sudah terkoneksi dan disatukan dengan data di Disdukcapil Kabupaten Kebumen. Program pendaftaran vaksin online ini merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan dan memudahkan informasi masyarakat seputar vaksinasi.  "Ini kemudahan pendaftaran vaksinasi ini untuk warga masyarakat kebumen yang memiliki KTP Kebumen, tinggal buka web browser langsung ketik https://corona.kebumenkab.go.id/ bisa membua via google atau web browser lainnya," kata Arif.


    Selain bisa mendaftar vaksinasi melalui web, masyarakat juga bisa mengakses informasi data kasus covid, rumah sakit rujukan, ketersediaan bed atau ruangan pasien, berita seputar covid19 dan informasi serta pendaftaran vaksinasi.


    "Program ini untuk mengantisipasi kerumunan dan penumpukan saat proses vaksinasi, juga menjawab masyarakat yang bertanya-tanya tentang informasi vaksin, dengan program ini diharapkan proses vaksinasi tepat sasaran," ujarnya.


    Adapun bagi masyarakat yang hendak mendaftar vaksin melalui Website Corona Kebumen dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut.


    Pendaftaran bisa dilakukan melalui smartphone, komputer atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet. Kemudian buka web browser yang dimiliki seperti Google, Chrome, Opera Mini atau lainnya. Jika akses melalui laptop atau komputer, langsung klik kolom Vaksinasi yang berada di sebelah kanan di samping kolom download.


    Jika cara pendaftaran melalui Handphone / Smartphone android maupun IOS. Usai melakukan pencarian di web browser, bisa langsung klik kolom biru bergaris tiga di pojok kanan atas layar Smartphone anda. Usai klik kolom Vaksinasi bisa langsung melakukan klik pendaftaran, kemudian cukup memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK/Nomor KTP) dan nomor Kartu Keluarga (KK).


    Jika kedua nomor NIK dan KK sudah terisi, selanjutnya langsung klik centang hijau bertulisan Check. Kemudian data diri seperti alamat dan pekerjaan anda secara otomatis muncul. Selanjutnya tinggal mengisi kategori vaksinasi dan nomor telepon/WhatsApp aktif dan memilih tempat vaksinasi.


    "Sudah ada kategori masing-masing, pastikan nomor telepon yang dimasukan adalah nomor aktif, karena usai mendaftar akan diinformasikan melalui SMS atau WhatsApp tentang jadwal vaksinasi dan lokasinya lengkap dengan jamnya, jadi datang sudah sesuai jadwal jamnya," ujar Bupati Arif didampingi wakilnya Ristawati Purwaningsih.


    Bupati menegaskan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan data diri yang dimasukan melalui Website tersebut. Keamanan dan privasi data akan dijamin keamanannya. Masyarakat yang telah berhasil mendaftar akan mendapatkan bukti pendaftaran dengan barcode di pojok kanan bawah. Bukti pendaftaran itu disimpan dan dicetak yang nantinya akan diserahkan kepada petugas saat pelaksanaan vaksinasi.


    "Masyarakat tidak usah khawatir Insya Alloh datanya aman karena tiap bukti, nanti setelah berhasil mendaftar, masyarakat akan mendapat bukti daftar dengan barcode sudah pasti tidak akan tertukar, masyarakat akan dihubungi dengan nomor yang tertera dan jadwal vaksin akan diinformasikan oleh Dinas Kesehatan," ujar Arif. (Fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top