• Berita Terkini

    Minggu, 29 Agustus 2021

    Mantap, Perempuan Jabat Ketua RT di Kawedusan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Pada umumnya Ketua RT dijabat oleh laki-laki. Artinya kebanyakan Ketua RT merupakan seorang laki-laki. Namun warga RT 04 RW 01 Desa Kawedusan Kebumen membuat trobosan dengan memilih perempuan sebagai Ketua RT.


    Ya, Ny Farida Indrayani (55), terpilih secara demokrasi menjadi Ketua RT. Pemilihan secara langsung dilaksanakan, Sabtu (28/8/2021)). Pemilihan Ketua RT 04 di Desa Kawedusan ini pun tergolong unik.


    Dimana panitia pemilihan Ketua RT berkeliling dari pintu ke pintu atau door to door. Ini juga juga disebut sebagai pemilihan secara vertikal. Hal tersebut dilaksanakan guna menghindari kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan.


    Farida Indrayani berhasil mengalahkan dua kandidat lainnya yakni yakni Mudiono, Acid Suryawan. Fardia telah dikenal sebagai tokoh masyarakat yang aktif dan pernah menjadi  anggota BPD Desa Kawedusan. 


    Atas terpilihnya menjadi Ketua RT, Farida pun bersyukur dimana pihaknya telah diberi kepercayaan oleh warga RT 4 RW 1, untuk memimpin wilayah tersebut.  Pihaknya akan melanjutkan program-program yang telah dilakukan oleh Ketua RT sebelumnya. “Kegiatan yang sudah baik akan kita teruskan,”tuturnya.


    Adapun beberapa kegiatan yang sudah berjalan dengan baik salah satunya jimpitan beras. Ini dilaksanakan guna menambah Kas RT.  Jimpitan beras merupakan tradisi yang telah berjalan di desa-desa. Dimana setiap rumah menyediakan sedikit beras yang akan diambil oleh petugas.


    Sedikit demi sedikit beras yang terkumpul akhirnya menjadi banyak. Biasanya beras kemudian akan dijual  dan uangnya manjadi kas RT.


    Pada umumnya istri Ketua RT akan menjadi Ketua Tim Penggerak PKK. Lantas bagaimana jika Ketua RTnya sendiri adalah perempuan. Terkait hal tersebut Farida pun hal itu akan dibahas pada musyawarah dengan para ibu di RT 4 RW 1


    Dilain tempat Anggota DPRD Kebumen  Hj Ermi Kristanti SP MM yang juga merupakan satu warga RT 4 RW 1 Kebumen mengaku bangga kerena RTnya nya diketuai oleh seorang perempuan. Pihaknya menegaskan jika Farida sendiri termasuk aktif di desa. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top