• Berita Terkini

    Minggu, 07 Februari 2021

    Banser Dilibatkan Tangani Pemakaman Jenazah Covid-19


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Penanganan Covid-19 kini telah sampai pada fase vaksinasi. Kendati demikian jumlah pasien terkonfirmasi Positif Corona  juga kian bertambah. Hal itu diiringi pula dengan peningkatan jumlah pasien terkonfirmasi meninggal dunia karena Covid-19.


    Terkait dengan penanganan yakni pemulasaran dan pemakaman jenazah pasien terkonfirmasi Covid-19, Pemkab Kebumen menggandeng Banser. Banser NU yang mempunyai akronim dari Barisan Serba Guna NU merupakan lembaga semi-otonom dari Gerakan Pemuda Ansor.  Hal itu sesuai dengan surat Bupati Kebumen Nomor 440/089 tertanggal 29 Januari 2021. Surat Perihal Penanganan Pemulasaran dan Pemakaman Covid-19 di Kabupaten Kebumen.


    Dalam surat tersebut Bupati H Yazid Mahfudz menyampaikan menyikapi kondisi saat ini dan dengan dimulainya program vaksinasi, mulai 1 Februari 2021 lalu, permintaan Penanganan Pemulasaran dan Pemakaman Covid-19 akan dilaksanakan secara profesional oleh tim Relawan Pemakaman dari Banser/Bagana Kebumen.


    “Apabila membutuhkan informasi terkait relawan Penanganan Pemulasaran dan Pemakaman Covid-19 secara profesional dapat menghubungi Sekretariat Bagana GP Ansor Kecamatan Pejagoan dengan kontak person Thobroni 0877 3785 6632, Ahmad Muslih Zamruddin 0822 2345 6582 dan Faiz 0858 0552 8090. Selain itu juga Pusdalops BPBD Kebumen Imam Suroto  0853 3672 3300,” tulisnya dalam surat.


    Menanggapi hal tersebut Ketua GP Ansor Kebumen Mudzakir menyampaikan jika Banser telah dipercaya oleh Pemkab Kebumen untuk mengurusi pemulasaran dan pemakaman pasien Covid-19. Dalam hal ini pihaknya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. “Kami juga kaget atas amanah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen tersebut. Tentu amanah yang dipercayakan ke kami (Banser) merupakan bentuk tanggungjawab yang harus dilaksanakan,” tuturnya.


    Dalam hal ini Banser yang  kini tergabung dalam Tim Pemakaman Pasien Covid-19 tentunya harus menjaga amanah yang  sudah diberikan tersebut. Ini juga merupakan bagian dari ikhtiar Banser dan Keluarga Besar NU dalam membantu pemerintah menangani Pandemi Covid-19. “Kami senang dan ini akan menjadi bagian dari ladang ibadah untuk kami,” terangnya.

    Disampaikan pula sejak Awal Pandemi Covid-19, Banser Kebumen yang tergabung dalam Banser Tanggap Bencana (Bagana) sudah ikut membantu pemerintah. Ini  dalam menangani Wabah Pandemi Covid 19. “Ini dengan tugas Tim Pemulasaran dan Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 bekerjasama dengan Satuan Tugas Covid Kebumen di bawah naungan BPBD Kebumen,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top